HOME, Bugar

Bisa Dicoba! 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam Secara Alami

Bisa Dicoba! 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai macam bekas jerawat yang muncul setelah jerawat mereda, salah satunya bekas jerawat yang menghitam. Masalah kulit ini tentu membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Perubahan warna kulit disebabkan oleh melanin atau pigmen pemberi warna pada kulit yang berlebih akibat inflamasi. Namun masih ada cara untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah. Melansir dari herworld.co.id, berikut cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami, yaitu: 

1. Air Lemon

Air lemon

Seperti yang Anda tahu bahwa lemon mengandung vitamin C yang tinggi, dimana berguna untuk merawat kesehatan kulit. Vitamin C berkhasiat untuk membantu mencerahkan wajah dan meratakan warna kulit. Lemon dapat diolah menjadi masker wajah rumahan alami. 

Terlalu banyak melanin dapat menjadikan bekas jerawat menghitam. Vitamin C dalam lemon merupakan substansi aktif yang bekerja dengan menurunkan pembentukan melanin penyebab bekas jerawat hitam tersebut. Vitamin C bahkan bisa mengurangi bekas jerawat hitam tersebut.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya

Selanjutnya, cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami dengan lidah buaya. Bahan alami ini dikenal sebagai penghilang bekas jerawat alami yang mampu menyembuhkan kulit. Lidah buaya bisa membuat produksi melanin pada sel kulit menjadi lebih stabil saat digunakan secara konsisten.

Kandungan antibakteri dalam lidah buaya bisa mencegah timbulnya noda hitam bekas jerawat. Bahan alami ini bahkan bisa menyamarkan bekas luka kehitaman yang masih baru.

Kemudian, lidah buaya juga mempunyai hormon auksin dan gliberin bahkan juga membantu mengurangi kemerahan akibat peradangan pada kulit yang berjerawat. Anda bisa mengaplikasikan gel lidah buaya ke wajah Anda yang sudah bersih hingga mengering dan biarkan semalaman, baru membilasnya besok.

Baca Juga: Harus Tahu! 4 Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif yang Aman

3. Cuka Apel dan Madu

Cuka apel

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami berikutnya adalah cuka apel dan madu. Cuka apel dipercaya mampu menghilangkan bekas jerawat. Anda  bisa mencampurkan cuka apel dengan dua sendok makan madu.

Selanjutnya, Anda celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan aplikasikan ke bekas jerawat hitam Anda. Diamkan selama 15 menit hingga mengering. Langkah terakhir adalah untuk membilasnya dengan air bersih.

Asam asetat, sitrat, laktat, dan suksinat dalam cuka apel efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Asam asetat memiliki sifat antijamur dan antimikroba. Antioksidan dalam sitrat mampu membuat kulit lebih segar. Sedangkan laktat, berguna untuk membantu melembapkan kulit. Suksinat, sangat penting untuk fungsi sel kulit secara keseluruhan.

4. Kentang

Kentang

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam lainnya yaitu dengan kentang. Kentang digunakan untuk mengurangi bekas pigmentasi dan luka karena kandungan alkalin di dalamnya. Kandungan antioksidan dalam kentang juga mampu menyamarkan noda hitam di wajah.

Selain itu, kentang juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan memudarkan bekasnya, mengatasi flek dan kantung mata hitam, bahkan mengobati kulit yang terbakar matahari. Buatlah masker kentang untuk menghilangkan bekas jerawat hitam.

Caranya tidak sulit yaitu cukup parut satu buah kentang, setelah itu peras airnya. Siapkan kapan untuk dicelupkan pada air kentang tersebut, lalu aplikasikan ke area bekas jerawat hitam tersebut. Diamkan selama 20-30 menit, kemudia bilas wajah kembali sampai bersih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News