Santai

Bisa Cegah Sakit, Ini 5 Manfaat Vitamin D3 Bagi Kesehatan

Bisa Cegah Sakit, Ini 5 Manfaat Vitamin D3 Bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Sedang ramai menjadi perbincangan di Tiktok, inilah sederet manfaat dari vitamin D3 jika rutin dikonsumsi.

Dengan cuaca yang tidak menentu dan semakin maraknya virus-virus baru bermunculan, menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi suplemen menjadi cara yang dipilih.

Salah satu vitamin yang banyak dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin D3, vitamin yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

Baca Juga: Dua Menu Salad untuk Membuat Kulit Lembab dan Awet Muda dari Dalam

Vitamin ini baik dikonsumsi bagi orang-orang dengan kekurangan vitamin D, yang bisa memicu munculnya stres, depresi, letih, dan lesu.

Bagi yang belum mengetahui, berikut ini adalah sederet manfaat vitamin D3 bagi kesehatan.

Meningkatkan imunitas

Manfaat utama yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi vitamin D3 adalah membantu meningkatkan imunitas. Melansir dari laman Health Line, vitamin D3 bisa membantu untuk mencegah munculnya flu dan jenis penyakit karena virus lainnya.

Hal tersebut disebabkan karena orang-orang yang kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko infeksi karena rendahnya imunitas tubuh. Dengan mengkonsumsi vitamin D3 maka tubuh jadi tidak mudah terserang penyakit.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Rendahnya vitamin D dalam tubuh sudah lama menjadi penyebab meningkatnya risiko penyakit jantung, seperti hipertensi, gagal jantung, dan juga stroke.

Sehingga dengan meningkatkan konsumsi vitamin D dalam tubuh, risiko terserang penyakit kronis tersebut bisa menjadi berkurang.

Baca Juga: 5 Manfaat Aswagandha, Suplemen Herbal Viral di Tiktok Baik bagi Kesehatan

Menyeimbangkan mood

Ternyata mood yang tidak seimbang bisa diseimbangkan dengan mengkonsumsi vitamin D3. Rendahnya konsumsi vitamin D yang biasanya diperoleh dari matahari bisa memicu timbulnya depresi dan stres.

Maka dari itu, vitamin D3 banyak digunakan sebagai suplemen yang bisa membantu menyeimbangkan mood dan menekan hormon pemicu stres dan depresi.

Anti radang

Melansir dari laman Very Well Health, vitamin D3 bisa digunakan untuk mencegah munculnya kondisi medis yang disebabkan karena peradangan. Vitamin D3 sendiri memiliki sifat sebagai anti radang.

Sedangkan jika tubuh kekurangan vitamin D3, maka kemungkinan untuk terserang penyakit karena peradangan seperti asma, alergi, dan eczema bisa meningkat.

Membantu meningkatkan pertumbuhan rambut

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, vitamin D3 juga bisa membantu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut serta mengurangi kerontokan. Salah satu tanda tubuh yang kekurangan vitamin D adalah rambut menjadi mudah rontok. 

Hal tersebut disebabkan karena vitamin D3 kaya akan kandungan kalsium yang penting bagi folikel rambut.

Nah, itulah beberapa manfaat mengkonsumsi vitamin D3 yang kini semakin marak dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News