Bugar

Bisa Cegah Penuaan Dini, Ini 6 Manfaat Rice Bran Oil untuk Kecantikan Kulit

Bisa Cegah Penuaan Dini, Ini 6 Manfaat Rice Bran Oil untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Tidak banyak yang tahu manfaat rice bran oil untuk kulit. Rice bran oil atau minyak bekatul yang sering digunakan untuk bahan pakan ternak di Indonesia.

Sedangkan di negara Jepang dan Korea, rice bran oil dipakai untuk produk perawatan kecantikan.

Rice bran oil terbuat dari ekstrak kulit ari padi yang kemudian mengeluarkan  minyak kaya akan antioksidan dan dapat dipakai untuk merawat kesehatan kulit.

Jika Anda tertarik mengenal essential oil ini, berikut enam manfaat rice bran oil untuk kulit di bawah ini dilansir dari senka.id, yaitu: 

Baca Juga: Ini Lo Tren Warna Cat Dinding Dapur di Tahun 2023

1. Menutrisi Kulit

Manfaat pertama rice bran oil untuk kulit adalah mampu menutrisi kulit. Rice bran oil mengandung asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan sel dan mencegah kerusakan pada kulit dari sinar UV.

Rasakan manfaatnya dengan melakukan pijat wajah menggunakan rice bran oil selama 10-15 menit sebelum dibersihkan.

2. Mengontrol Produksi Sebum

Manfaat rice bran oil untuk kulit selanjutnya adalah mengontrol produksi sebum. Jika Anda pemilik kulit berminyak atau kombinasi berminyak, pemakaian rice bran oil bisa dimanfaatkan untuk menyeimbangkan kadar minyak di kulit wajah Anda.

Kandungan squalane yang ringan dan gampang meresap di kulit, bisa mengontrol produksi sebum, sehingga wajah tetap lembap tanpa membuat produksi minyak berlebih. 

Baca Juga: Apa Itu Sitoplasma? Ini Fungsi Pentingnya untuk Tubuh yang Perlu Diketahui

3. Mengecilkan Tampilan Pori-Pori

Kemudian, rice bran oil juga ampuh mengecilkan tampilan pori-pori. Anda perlu tahu bahwa ukuran pori-pori tiap manusia berbeda-beda. Jika ukurannya membesar, maka dapat memicu tumbuhnya jerawat dan bikin tekstur kulit jadi kurang mulus.

Untuk mengatasinya, mulailah merawat kulit wajah Anda agar pori-pori wajah tidak membesar, salah satunya dengan menggunakan produk dengan rice bran oil. Bila diaplikasikan secara rutin, minyak tersebut akan membuat kulit lebih halus hingga pori-pori pun mengecil. 

4. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Rice bran oil bisa menjadi perlindung kulit dari paparan sinar UV. Rice bran oil mengandung ferulic acid dan allantoin yang dapat digunakan sebagai tabir surya atau sunscreen alami, sehingga kulit terhindar dari efek negatif sinar UV.

Kulit wajah dapat terhindar dari masalah paparan sinar UV, seperti flek hitam dan kerutan. 

Baca Juga: Simak 8 Urutan Hair Care Routine di Rumah untuk Rambut Sehat dan Kuat

5. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat rice bran oil untuk kulit berikutnya adalah mencegah penuaan dini. Penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti polusi, debu, radikal bebas dan paparan sinar UV. Oleh karena itu, Anda membutuhkan skincare dengan kandungan tinggi antioksidan untuk mencegah efek buruknya. 

Kandungan tinggi antioksidan yang dimaksud, seperti squalene, tocotrienol, dan Vitamin E yang ada pada rice bran oil bisa digunakan untuk membantu mengurangi flek dan kerutan halus di kulit.

Selain itu, rice bran oil juga ampuh dalam melembapkan area kulit yang gampang kering. Sehingga, bisa dipakai untuk mengurangi mata panda dan kantung mata. 

6. Membantu Atasi  Hiperpigmentasi

Manfaat rice bran oil lainnya adalah membantu atasi hiperpigmentasi. Setelah terpapar sinar matahari, sering kali timbul belang di wajah, bintik gelap, hingga warna kulit yang tidak merata.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan rice bran oil di permukaan wajah dan diamkan selama 10-15 hari setiap harinya.

Konsentrasi antioksidannya yang tinggi dapat melancarkan aliran darah, menyembuhkan luka, serta mencegah pembentukan melanin, penyebab utama hiperpigmentasi. Sehingga, warna kulit terlihat cerah merata.

Nah, itulah enam manfaat rice bran oil untuk kecantikan kulit. Pilihlah produk skincare yang mengandung bahan rice bran oil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News