Santai

Bisa Cegah Kanker, Ini 6 Manfaat Kombucha Bagi Kesehatan, Tertarik Coba?

Bisa Cegah Kanker, Ini 6 Manfaat Kombucha Bagi Kesehatan, Tertarik Coba?

MOMSMONEY.ID - Jadi salah satu minuman sehat yang populer saat ini, ternyata ada manfaat kesehatan dari kombucha.

Kombucha adalah salah satu minuman sehat yang tengah banyak dikonsumsi saat ini. Minuman ini merupakan minuman sejenis fermentasi teh.

Selain digunakan sebagai salah satu sumber probiotik, ini dia beberapa manfaat dari mengonsumsi kombucha.

Baca Juga: 5 Teh Detoks untuk Membuang Racun dari Dalam Tubuh, Sila Dijajal!

Sumber probiotik

Keuntungan utama dari mengonsumsi kombucha adalah sebagai sumber probiotik. Merupakan jenis fermentasi teh, tentu saja menjadi alasan utama mengapa kombucha kaya akan probiotik.

Probiotik sendiri memiliki manfaat baik untuk kesehatan usus dan memperbaiki beberapa fungsi tubuh. Seperti pencernaan, mencegah peradangan atau inflamasi, hingga membantu mengurangi berat badan.

Mencegah kanker

Dalam studi yang dilansir dari laman Health Line, kombucha bisa membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Itu disebabkan karena kombucha kaya akan kandungan polyphenols dan antioksidan.

Tak hanya kombucha saja, banyak juga orang-orang yang gemar mengonsumsi teh memiliki risiko kecil untuk terserang kanker karena kandungan antioksidannya.

Baca Juga: Bisa Bahaya, Jangan Simpan Ponsel di 4 Tempat Ini ya

Mengurangi risiko sakit jantung

Kombucha juga menunjukkan beberapa manfaat untuk merawat kesehatan jantung. Kombucha bisa mengurangi LDL atau kolesterol jahat pada tubuh serta meningkatkan HDL atau jenis kolesterol baik pada tubuh.

Di mana LDL sendiri menjadi pemicu munculnya kolesterol yang berisiko untuk kesehatan jantung.

Meningkatkan metabolisme

Melansir dari laman Everyday Health, kombucha adalah salah satu jenis minuman teh hijau atau green tea yang kaya akan kandungan catechin.

Catechin sendiri berguna untuk membantu meningkatkan metabolisme, terutama bagi orang dewasa. Sehingga dengan rutin mengonsumsi kombucha pun bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca Juga: 4 Makanan dan Minuman Alami yang Bisa Membersihkan Usus dari Racun

Mengobati konstipasi

Jika ingin menggunakan bahan alami untuk mengobati konstipasi, maka kombucha bisa jadi pilihannya. Sudah bukan rahasia bahwa minuman fermentasi yang mengandung probiotik bisa digunakan sebagai obat konstipasi.

Bakteri baik yang dimiliki minuman dengan kandungan probiotik bisa membantu menyeimbangkan kadar bakteri di usus dan melancarkan konstipasi. Selain itu, masalah perut kembung, peradangan, dan masalah pencernaan lain pun bisa berkurang dengan bantuan kombucha.

Cocok buat diet

Kombucha juga cocok dikonsumsi bagi orang-orang yang menerapkan diet sehat namun masih ingin menikmati minuman soda. Kombucha merupakan minuman fermentasi yang rendah kalori dan gula yang bisa membantu proses diet.

Pastinya akan lebih baik jika mencoba untuk membuat kombucha sendiri agar bisa mengatur kadar gula yang digunakan. Sebab kombucha yang diproduksi pabrik tentu memiliki kadar gula lebih tinggi.

Itulah tadi beragam manfaat dari kombucha bagi kesehatan. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News