Santai

Bisa Cegah Jerawat, Ini 6 Manfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit

Bisa Cegah Jerawat, Ini 6 Manfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Cari tahu beberapa manfaat tomat yang ternyata baik bagi kesehatan kulit dan kecantikan.

Tomat adalah salah satu buah yang memiliki nutrisi dan vitamin tinggi. Tak hanya bagus dikonsumsi, ternyata tomat juga bisa digunakan untuk masker yang merawat kulit wajah.

Bagi yang penasaran, simak beberapa manfaat tomat bagi kecantikan kulit wajah berikut:

Baca Juga: 4 Manfaat Oral Seks bagi Kesehatan, Tak Hanya Bisa Redakan Stres lo

Melembapkan kulit

Menggunakan tomat untuk merawat kulit wajah bisa membuat wajah menjadi lembap secara alami. Tomat kaya akan kandungan anti oksidan yang bisa membantu kulit wajah terlihat cerah dan lembap.

Caranya adalah dengan menggunakan masker tomat yang bisa digunakan secara langsung pada wajah secara rutin. Jika tak ingin ribet, potong tomat dengan irisan tipis dan tempel kan pada wajah. Biarkan selama 10-15 menit dan kemudian bilas bersih.

Menstimulasi kolagen

Seiring bertambahnya umur, produksi kolagen di kulit akan semakin berkurang. Sementara tomat memiliki kandungan vitamin C yang secara umum bisa meningkatkan elastisitas kulit.

Laman Health Line menyebutkan, vitamin C bisa membantu meningkatkan sistem imun dan menstimulasi produksi kolagen di kulit. Hasilnya, kulit jadi semakin kencang juga.

Baca Juga: Setelah Olahraga Boleh Langsung Mandi? Berikut 3 Tips Mandi Habis Olahraga

Meredakan peradangan

Tomat mengandung beragam kandungan yang bisa meredakan inflamasi atau peradangan di kulit. Seperti lycopene, beta karoten, lutein, serta vitamin E dan C. Ketika digunakan di kulit, tomat bisa membantu meredakan peradangan.

Tak ketinggalan juga bisa membantu mengurangi iritasi atau kulit yang terbakar.

Mencegah jerawat

Jerawat disebabkan karena kotoran atau bakteri yang terperangkap di kulit atau minyak yang terperangkap di pori-pori kulit. Dari situ kemudian kulit bisa menjadi jerawatan dan jika dibiarkan akan menjadi makin serius.

Laman Lifestyle Asia menjelaskan, kandungan vitamin A, C, K pada tomat bisa menyeimbangkan kembali kondisi pH kulit. Selain itu, tomat juga mengandung kandungan aktif yang membantu membersihkan kulit secara mendalam.

Baca Juga: Cuaca Lagi Panas dan Terik, Ini 4 Alasan Kenapa Harus Pakai Sunscreen

Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang besar bisa menjadi penyebab munculnya permasalahan kulit. Seperti munculnya sebum, breakout, hingga jerawat. Pemilik pori-pori kulit yang besar bisa mencoba menggunakan masker tomat untuk mengecilkan pori-pori.

Dengan penggunaan masker tomat secara rutin, tampilan pori-pori yang besar bisa berkurang bahkan hilang.

Mencegah penuaan dini

Sudah bukan rahasia bahwa tomat juga bisa digunakan sebagai skincare alami untuk mencegah penuaan dini. Tomat juga tinggi akan kandungan vitamin B yang merupakan bahan untuk mencegah munculnya penuaan dini.

Seperti munculnya garis halus, keriput, dan kulit kusam. Selain itu, tomat juga bisa membantu mengembalikan kekenyalan kulit jika digunakan secara rutin.

Selain mudah untuk ditemukan dan digunakan, ternyata itulah tadi beberapa manfaat tomat yang baik bagi kecantikan dan kulit. Coba, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News