Keluarga

Bisa Cegah Jerawat, Ini 6 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Berminyak

Bisa Cegah Jerawat, Ini 6 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Berminyak

MOMSMONEY.ID - Ada 6 manfaat serum vitamin C untuk kulit berminyak. Simak informasi selengkapnya di sini.

Salah satu produk skincare yang difavoritkan oleh banyak orang adalah serum vitamin C. Mengapa demikian?

Pasalnya, serum vitamin C tergolong serbaguna karena dapat mencerahkan, menghidrasi, serta bertindak sebagai anti-inflamasi untuk mengatasi permasalahan hiperpigmentasi, tanda-tanda penuaan, sunburn, hingga luka.

Yang tak kalah menarik, serum vitamin C mampu bekerja dengan baik pada semua jenis kulit termasuk kulit berminyak lho.

Mengutip BeBeautiful, terdapat setidaknya 6 manfaat serum vitamin C untuk kulit berminyak. Berikut keenam manfaat tersebut:

Baca Juga: 5 Rangkaian Skincare Skintific untuk Kulit Berjerawat, Pejuang Jerawat Patut Coba!

1. Menghidrasi kulit secara efektif

Manfaat serum vitamin C untuk kulit berminyak yang pertama yaitu menghidrasi kulit secara efektif.

Alih-alih menjadi humektan yang menarik kelembaban ekstra pada wajah, penggunaan serum vitamin C justru hanya akan membantu kulit mempertahankan kelembabannya.

Itu artinya, serum vitamin C dapat menghidrasi dan melembabkan kulit berminyak tanpa membuatnya menjadi semakin atau terlalu berminyak.

2. Mengatasi pori-pori tersumbat

Manfaat serum vitamin C untuk kulit berminyak yang kedua yaitu mengatasi pori-pori tersumbat.

Produksi sebum yang berlebihan pada kulit berminyak rentan menyumbat pori-pori. Jika tidak ditangani, pori-pori yang dibiarkan tersumbat akan menyebabkan komedo dan jerawat.

Untuk membantu membuka pori-pori yang tersumbat sekaligus membersihkan kulit mati dan mengurangi jumlah sebum secara keseluruhan, serum vitamin C bisa jadi andalan. Tak sampai di situ, serum vitamin C juga dapat meminimalkan tampilan pori-pori besar yang mengganggu.

Baca Juga: 5 Varian Moisturizer Skintific Sesuai Kebutuhan Kulit yang Patut Anda Coba

3. Merawat jerawat

Manfaat serum vitamin C untuk kulit berminyak yang ketiga yaitu merawat jerawat. Jerawat termasuk salah satu permasalahan yang kerap menyerang kulit berminyak.

Dengan memasukkan serum vitamin C ke dalam rutinitas perawatan kulit berminyak, itu dapat membantu merawat jerawat. Ini karena serum vitamin C mengandung antioksidan yang kuat untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas yang mungkin terjadi pada sel-sel kulit.

Selain itu, serum vitamin C juga bisa membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

4. Mendorong penyembuhan bekas jerawat

Manfaat serum vitamin C untuk kulit berminyak yang keempat yaitu mendorong penyembuhan bekas jerawat.

Pada dasarnya, serum vitamin C mampu meningkatkan pergantian sel kulit dan produksi kolagen. Pada gilirannya, cara kerja serum vitamin C yang demikian dapat memperbarui sel lebih cepat dibandingkan Anda tidak menggunakannya sama sekali.

Berkat kemampuannya dalam memperbarui sel lebih cepat, serum vitamin C bisa sekaligus memudarkan dan bahkan menghilangkan bekas jerawat pada akhirnya.

Baca Juga: Bisa Cegah Penuaan Dini, Ini 6 Manfaat Rice Bran Oil untuk Kecantikan Kulit

5. Mencegah jerawat

Manfaat serum vitamin C untuk kulit berminyak yang kelima yaitu mencegah jerawat. Meski Anda rajin merawat kulit, bukan berarti jerawat tidak akan pernah muncul lagi di kemudian hari.

Kendati demikian, Anda tetap bisa mencegah jerawat yang mungkin muncul secara tiba-tiba, salah satunya dengan menggunakan serum vitamin C.

Berkat sifatnya yang sedikit asam, serum vitamin C mampu mencegah kemunculan jerawat yang disebabkan oleh bakteri dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat yang mengendap di dalam pori-pori.

6. Mencerahkan kulit

Manfaat serum vitamin C untuk kulit berminyak yang terakhir yaitu mencerahkan kulit. Kulit kusam adalah salah satu masalah terbesar yang sering menyerang pemilik kulit berminyak.

Guna membantu mencerahkan kulit yang tampak kusam, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan kandungan skincare yang mencerahkan seperti vitamin C.

Kaya akan antioksidan, serum vitamin C mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, merangsang produksi kolagen, serta menghilangkan bintik-bintik hitam penyebab kulit terlihat kusam.

Demikian 6 manfaat serum vitamin C untuk kulit berminyak. Meskipun serum vitamin C menyimpan manfaat yang berlipat ganda untuk kulit berminyak, selalu ingat untuk tetap berhati-hati dengan jenis serum vitamin C yang Anda pilih ya Moms.

Pertimbangkanlah detail spesifik dari serum vitamin C pilihan Anda guna memastikan serum tersebut tidak membuat kulit Anda semakin berminyak. Untuk jenis kulit berminyak, pilihlah serum vitamin C berbasis air yang mengandung L-Ascorbic Acid sekitar 5%-20%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News