Santai

Bisa Cegah Depresi, Ini 4 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

Bisa Cegah Depresi, Ini 4 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Jadikan kebiasaan baru di tahun 2023, simak beberapa manfaat bangun pagi yang wajib Anda ketahui berikut ini.

Menambahkan bangun pagi sebagai resolusi di tahun 2023 merupakan ide yang baik untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat.

Bangun pagi merupakan salah satu kebiasaan baik yang memiliki segudang manfaat jika dilakukan setiap hari.

Karena, selain bisa menikmati udara segar di pagi hari, ternyata bangun pagi juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Seperti beberapa manfaat dari bangun pagi yang sebaiknya Anda ketahui berikut:

Baca Juga: Siapkan 6 Perlengkapan Olahraga Ini Sebelum Mulai Resolusi Olahraga 2023

Memiliki waktu untuk sarapan

Sarapan merupakan salah satu aktivitas yang kerap dilupakan oleh banyak orang. Padahal, sarapan adalah hal terpenting yang harus dilakukan untuk mengisi tenaga tubuh sebelum memulai aktivitas.

Menyiapkan makanan pagi atau sarapan yang berkualitas dan memiliki nutrisi tinggi juga perlu untuk dilakukan. Dengan bangun pagi, siapa pun akan memiliki banyak waktu untuk menyiapkan sarapan yang sehat dan bergizi.

Mengurangi risiko depresi

Orang-orang yang bangun lebih pagi di pagi hari akan mendapatkan banyak asupan cahaya Matahari dan udara segar. Yang ternyata, menurut laman Well and Good, bisa berdampak pada asupan energi seseorang.

Semakin banyak energi yang diserap seseorang dari cahaya Matahari dapat membuat seseorang merasa lebih bersemangat dan mengurangi risiko dari depresi yang juga dipengaruhi oleh perubahan mood karena minimnya energi.

Baca Juga: Jadi Jarang Sakit, Ini 6 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari yang Sayang untuk Dilewatkan

Memiliki waktu untuk berolahraga

Melansir dari laman Health Line, olahraga di pagi hari dapat membantu untuk meningkatkan endorphin dalam tubuh yang bisa membantu memperbaiki mood, meredakan stres dan kecemasan, serta meningkatkan energi.

Selain itu, olahraga di pagi hari juga merupakan waktu yang ideal bagi orang-orang sibuk yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Karena biasanya, orang-orang dengan aktivitas yang padat akan cenderung mengabaikan olahraga karena sudah terlalu lelah.

Tidur lebih baik

Siapa sangka dengan bangun lebih pagi bisa membantu seseorang untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Sebab, orang-orang yang bangun lebih pagi akan memiliki kebiasaan lain yakni tidur lebih awal.

Sehingga, kualitas tidur pun bisa dibantu untuk ditingkat secara tidak langsung. Istirahat yang cukup juga bisa membantu untuk memperbaiki mood, menambah konsentrasi, dan membantu tubuh untuk terhindar dari penyakit kronis juga.

Nah, dengan segudang manfaat tersebut, mulai coba untuk biasakan bangun pagi, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News