HOME, Keluarga

Bisa Bikin Wajah Terlihat Tua, Ini 5 Efek Kurang Tidur yang Perlu Anda Ketahui

Bisa Bikin Wajah Terlihat Tua, Ini 5 Efek Kurang Tidur yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Dewasa ini, banyak orang rela begadang demi menyelesaikan pekerjaannya. Akibatnya, kebutuhan tidur mereka pun tidak terpenuhi dengan baik.

Ketika seseorang kurang tidur, ia akan mengalami peningkatan kortisol dan hormon stres serta kemampuan tubuhnya untuk memperbaiki diri akan terganggu.

Bukan hanya itu, kurang tidur juga sangat besar pengaruhnya terhadap penampilan tubuh mulai dari kulit, rambut, hingga kuku lho. Lebih jelasnya, inilah 5 efek negatif kurang tidur terhadap kecantikan sebagaimana dilansir dari Dermstore.

Baca Juga: Sehat & Segar! Inilah 4 Manfaat Mengonsumsi Jus Seledri Untuk Kulit Wajah

1. Membuat penampilan terlihat lebih tua

Ketika kita tidak cukup tidur, proses penuaan kulit akan dipercepat. Sehingga, kerutan akan muncul dalam waktu yang terbilang dini. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang kurang tidur memiliki lebih banyak kerutan, kulit dehidrasi, pori-pori besar, kemerahan, dan lingkaran hitam di bawah mata.

Sel-sel kita akan beregenerasi saat kita tidur. Apabila kita tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik, sel-sel tersebut tidak dapat memperbaiki diri sehingga kita akan terlihat lebih tua.

2. Menyebabkan jerawat

Istirahat malam yang baik adalah langkah penting untuk dibiasakan jika Anda menginginkan kulit yang bebas jerawat.

Sebaliknya, ketika Anda kurang tidur, maka siap-siap saja jika jerawat akan mudah menyerang. Pasalnya, kurang tidur telah dikaitkan dengan disregulasi kekebalan dan peradangan di kulit yang menyebabkan kekeringan, kemerahan, dan jerawat.

3. Memperburuk kondisi kulit

Seseorang yang memiliki jerawat, psoriasis, rosacea, eksim, atau gangguan peradangan lain sangat disarankan untuk tidur setidaknya 8 jam setiap malam. Ketika kebutuhan tidur tidak tercukupi dengan baik, kecemasan akan cenderung meningkat dan kondisi kulit yang sedang tidak baik akan semakin memburuk.

Oleh sebab itu, kebiasaan tidur yang sehat, olahraga, dan makan makanan bernutrisi perlu dijaga dengan baik oleh orang-orang yang memiliki permasalahan kulit khususnya yang berkaitan dengan peradangan.

4. Memengaruhi pertumbuhan rambut

Selain hormon, pola makan, dan penyakit, gaya hidup juga dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas rambut. Gaya hidup tidak sehat contohnya kurang tidur dapat meniru respons tubuh kita terhadap stres. Akibatnya, telogen effluvium atau kerontokan tidak permanen dapat terjadi.

Kemungkinan besar, permasalahan rambut tersebut akan terjadi setelah Anda mengalami suatu peristiwa yang bisa menimbulkan stres pada tubuh seperti kehamilan, penyakit, atau peristiwa kehidupan yang buruk.

5. Menyebabkan kuku rapuh

Pada saat Anda merasa terlalu cemas dan tidak dapat menikmati waktu istirahat sebanyak biasanya, kuku Anda akan sulit tumbuh dengan cara yang sehat. Oleh sebab itu, kuku pun akan menjadi mudah rapuh.

Ketika stres melanda, itu akan memengaruhi matriks kuku atau tempat kuku diproduksi dan bisa menyebabkan pertumbuhan kuku yang tidak normal. Untuk mengatasinya, pastikan Anda mengembalikan kebiasaan sehat salah satunya tidur secara cukup.

Itulah 5 efek negatif yang akan Anda rasakan ketika Anda kurang tidur. Supaya penampilan diri tetap cantik dan awet muda, pastikan Anda membiasakan diri untuk tidur dengan cukup. Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan wajah sebelum tidur untuk menghindari pori-pori tersumbat dan jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News