Santai

Bisa Bikin Tidur Nyenyak, Kenali 5 Manfaat Kismis bagi Kesehatan Ini yuk

Bisa Bikin Tidur Nyenyak, Kenali 5 Manfaat Kismis bagi Kesehatan Ini yuk

MOMSMONEY.ID - Jadi salah satu makanan yang tak banyak dikonsumsi, ternyata kismis juga punya banyak manfaat, lo.

Tak semua orang mengonsumsi kismis dalam menu sehari-harinya. Kismis adalah jenis buah yang terbuat dari anggur yang dikeringkan.

Buah kering yang memiliki rasa manis dan asam yang enak ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Lalu, apa saja sih manfaat dari kismis? Simak uraian manfaat kismis berikut:

Baca Juga: Film Indonesia Semua, 3 Film Baru yang Tayang di Netflix Pekan Ini

Kaya anti oksidan

Makanan yang berwarna dikenal sebagai makanan yang kaya akan anti oksidan. Begitu juga dengan kismis. Karena terbuat dari anggur, maka kismis juga merupakan buah yang mengandung banyak anti oksidan.

Polyphenols dalam kismis bisa membantu untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan.

Sistem imun pun juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak anti oksidan. Selain itu, kandungan ini juga bisa membantu untuk merawat kesehatan otak dan mencegah terserang Alzheimer dan demensia.

Kaya zat besi

Selain kaya akan kandungan anti oksidan, kismis juga mengandung banyak kandungan zat besi. Melansir dari laman Well and Good, zat besi bagus untuk membantu kelancaran peredaran darah yang tentunya bermanfaat bagi sistem kardiovaskular.

Kismis juga cocok dikonsumsi oleh vegan atau vegetarian yang cenderung kesulitan untuk menemukan makanan dengan tinggi kandungan zat besi.

Konsumsi juga kismis sebelum berolahraga agar kandungan zat besi dalam kismis bisa terserap tubuh melalui olahraga dengan baik.

Baca Juga: Anti Keriput, Simak 4 Manfaat Rutin Gunakan Serum Vitamin C Buat Kulit

Menambah berat badan

Tak semua orang tentunya ingin menguruskan berat badan. Ada juga orang-orang yang memiliki program diet untuk menambah berat badan. Jika itu tujuannya, maka jangan lupa masukkan kismis ke dalam daftar makanan harian.

Kismis mengandung fruktosa dan glukosa yang bisa membantu meningkatkan energi dan membantu menambah berat badan. Tentunya, tanpa meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Meningkatkan kualitas tidur

Tidur nyenyak di malam hari tentunya menjadi idaman banyak orang. Namun, kadang insomnia menyerang dan menyebabkan tidur malam menjadi terganggu. Kismis ternyata bisa dijadikan alternatif untuk membantu meningkatkan kualitas tidur.

Kandungan zat besi tadi, menurut laman Health Shots, jadi mineral penting yang tak hanya meningkatkan hemoglobin, tapi juga memperbaiki metabolisme, mengalirkan oksigen lebih lancar, memperkuat imunitas, dan juga membantu tidur lebih nyenyak.

Memperlancar BAB

Konstipasi dan susah buang air besar tentu jadi hal tidak nyaman yang pernah dirasakan banyak orang. Masalah ini juga bisa diatasi dengan mengonsumsi kismis.

Kismis mengandung banyak serat yang berperan sebagai laktasif alami yang memperbaiki masalah pencernaan di usus. Tak ketinggalan juga masalah pencernaan lain seperti perut kembung dan penuh gas.

Banyak berikan manfaat baik, itulah tadi sederet manfaat kismis yang tak banyak diketahui orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News