HOME, Keluarga

Bisa Bikin Jerawatan, Hindari 5 Kebiasaan Ini Saat Pakai Makeup!

Bisa Bikin Jerawatan, Hindari 5 Kebiasaan Ini Saat Pakai Makeup!

MOMSMONEY.ID - Makeup tidak hanya meningkatkan penampilan, namun juga dapat menutupi imperfection wajah seperti jerawat.

Banyak orang yang memilih menggunakan makeup tebal demi terlihat flawless tanpa kekurangan. Faktanya, makeup tebal berpotensi untuk memperparah jerawat.

Tak sekadar itu, ternyata ada kebiasaan-kebiasaan makeup lainnya yang bisa memicu tumbuhnya jerawat dan memperparahnya lho. Apa saja sih kebiasaan itu? Dilansir dari Women’sHealth, berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Kulit Awet Muda pada Kulit Berminyak

1. Memakai produk makeup yang tidak tepat

Secara teknis, sebagian besar produk makeup tidak menyebabkan jerawat. Namun, bahan-bahan tertentu memiliki kemungkinan yang tinggi untuk menyumbat pori-pori serta dapat membantu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Untuk menghindari risiko iritasi kulit atau penyumbatan pori-pori, sebaiknya Moms menggunakan produk-produk makeup yang memiliki formula non-comedogenic, hypoallergenic, atau mineral based.

2. Menggunakan terlalu banyak foundation

Sebagian orang mungkin kerap menggunakan foundation yang tebal untuk menutupi jerawat. Padahal, hal itu justru dapat menunda proses penyembuhan jerawat serta berpotensi menyebabkan iritasi lebih lanjut.

Foundation tebal akan menghalangi udara untuk mencapai jerawat sehingga dapat mencegah jerawat untuk sembuh lebih cepat. Disarankan untuk mengobati jerawat hingga membaik terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan foundation.

3. Mengaplikasikan makeup dengan jari

Seperti yang kita tahu, tangan kita pasti sering memegang banyak benda dalam waktu bersamaan. Nah, kebiasaan itu menjadi kesempatan yang bagus bagi kuman untuk hinggap ke jari-jari kita. Maka dari itu, ketika Moms menggunakan makeup dengan menggunakan jari maka kuman yang ada di jari bisa berpindah dengan mudah ke wajah sehingga kulit akan rentan iritasi dan berjerawat.

Hilangkanlah kebiasaan makeup dengan jari dan gunakanlah tools makeup seperti kuas atau spons supaya jerawat enggan datang. Jangan lupa juga untuk memastikan tools makeup yang Moms pakai dalam keadaan bersih.

4. Menggunakan tools makeup yang kotor

Tools makeup yang tidak dibersihkan secara teratur akan menjadi penyebab di balik munculnya jerawat. Ketika tools makeup dibiarkan kotor dan lembab, maka bakteri akan berkembang biak dengan cepat di dalamnya.

Tidak mau kan wajah cantik Moms dipenuhi bakteri dan dihiasi banyak jerawat? Jadi, jangan malas untuk mencuci semua tools makeup yang Moms miliki ya.

5. Tidak membersihkan wajah secara maksimal

Menggunakan makeup tebal seharian pasti akan meninggalkan residu makeup, kotoran, hingga minyak pada wajah. Maka dari itu, kegiatan bersih-bersih wajah tidak boleh dilewatkan termasuk pada malam hari sebelum tidur.

Tidak sampai di situ, membersihkan wajah pun tak cukup hanya menggunakan face wash karena dikhawatirkan sisa-sisa kotoran masih terperangkap. Disarankan untuk melakukan double cleansing supaya wajah bersih maksimal. Orang-orang yang sering menggunakan makeup namun malas membersihkannya hanya akan memancing kedatangan jerawat pada wajah mereka.

Moms, itulah 5 kebiasaan dalam makeup yang sering menyebabkan timbulnya jerawat sekaligus memperparah kondisi jerawat.

Selain skincare-an, ada baiknya Moms juga memerhatikan serta memperbaiki tata cara makeup yang biasa dilakukan agar skincare yang Moms gunakan dapat bekerja secara efektif. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News