Bugar

Bisa Bikin Gula Darah Melonjak, Inilah Pantangan Makanan untuk Diabetes

Bisa Bikin Gula Darah Melonjak, Inilah Pantangan Makanan untuk Diabetes

MOMSMONEY.ID - Beberapa makanan memiliki potensi besar untuk meningkatkan gula darah secara cepat, yang dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang bagi penderita diabetes. Memahami pantangan makanan untuk diabetes yang harus dihindari adalah langkah penting dalam pengelolaan diabetes. 

Momsmoney akan menguraikan beberapa daftar pantangan makanan untuk diabetes yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah, mengutip dari laman Medical News Today:

1. Karbohidrat olahan

Karbohidrat memainkan peran penting sebagai sumber energi tetapi juga memiliki dampak besar pada kadar gula darah.

CDC merekomendasikan agar penderita diabetes memperoleh sekitar setengah dari kalori harian mereka dari karbohidrat dengan jumlah karbohidrat yang konsisten di setiap makan untuk membantu menjaga stabilitas gula darah.

Namun, hindari karbohidrat olahan seperti nasi putih dan makanan yang dibuat dengan tepung putih termasuk roti putih, pasta, beberapa jenis sereal, dan banyak makanan yang dipanggang karena bisa meningkatkan kadar gula darah.

Baca Juga: Cek Sekarang, Ini Makanan Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Bisa Dicoba

2. Gula

Makanan yang tinggi gula sering kali memiliki nilai gizi rendah dan dapat menyebabkan lonjakan tajam pada gula darah. Contoh makanan yang biasanya tinggi gula termasuk kue, donat, dan adonan pizza, serta banyak saus, nektar agave, sirup, dan permen.

Pemanis buatan meskipun rendah kalori, terkadang bisa mempengaruhi kadar gula darah dengan meningkatkan resistensi insulin.

3. Daging berlemak

Penting bagi penderita diabetes untuk memilih sumber protein yang tidak tinggi lemak. Daging olahan atau berlemak, termasuk bacon, sosis, hot dog, dan daging deli, yang juga tinggi natrium harus dihindari.

Mengonsumsi daging merah dan daging berlemak lainnya bahkan dalam jumlah kecil bisa meningkatkan risiko diabetes.

Baca Juga: Jarang Diketahui Orang, Inilah Khasiat Jus Timun untuk Kesehatan yang Luar Biasa

4. Lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh dan lemak trans yang terdapat dalam banyak produk hewani, makanan olahan, makanan cepat saji, dan beberapa jenis minyak. Lemak ini dapat meningkatkan kolesterol dan berkontribusi terhadap resistensi insulin, yang meningkatkan risiko diabetes.

5. Buah-buahan kering dan manisan

Meskipun buah-buahan adalah bagian penting dari diet seimbang, buah-buahan kering dan manisan mengandung konsentrasi gula yang tinggi. Makanan ini harus dikonsumsi dengan sangat hati-hati karena dapat picu melonjaknya gula darah.

Itulah beberapa pantangan makanan untuk diabetes. Memantau asupan makanan dan minuman dengan teliti adalah kunci untuk mengelola diabetes secara efektif dengan menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu lonjakan gula darah.

Selanjutnya: 2 Promo KFC Menu Ayam Goreng di Paket Payday Deal-Tin Bucket Edisi April 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News