Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan, Ini 3 Tanda Rumah Anda Kekurangan Sinar Matahari

Reporter: Kania Paramahita
Rabu, 24 November 2021 | 13:15 WIB
Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan, Ini 3 Tanda Rumah Anda Kekurangan Sinar Matahari

ILUSTRASI. Berikut tanda-tanda rumah Anda kekurangan sinar matahari.

MOMSMONEY.ID - Sejak pandemi, banyak orang yang menyadari pentingnya sinar matahari bagi kesehatan tubuh. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan sinar matahari sebanyak-banyaknya, salah satunya dengan berjemur.

Namun, tidak semua orang menyadari bahwa sinar matahari juga penting untuk rumah. Padahal, rumah yang memiliki pencahayaan alami yang cukup dari sinar matahari dapat membantu meningkatkan nilai estetika dan suasana hati penghuninya.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apakah rumah Anda kekurangan sinar matahari atau tidak. Dilansir dari Homebuilding UK dan Elemental Green, berikut tanda-tandanya.

Baca Juga: 5 Inspirasi Taman Vertikal yang Cocok Untuk Lahan Sempit

Interior rumah terasa kecil dan suram

Tanda yang pertama ini memang tidak perlu dijelaskan lagi. Jika rumah Anda kekurangan sinar matahari, hal pertama yang pasti Anda perhatikan adalah suasana di dalam rumah yang terasa sempit, kecil, dan suram.

Kesan suram dan sempit ini biasanya paling terasa di bagian tengah rumah, karena sulit mendapatkan akses cahaya dari luar.

Karena terasa gelap dan suram tanpa pencahayaan alami, biasanya penghuni rumah cenderung bergantung lampu dan pencahayaan buatan lainnya untuk membantu menerangi rumah, sehingga membuat tagihan listrik membengkak.

Suasana hati memburuk dan tidak bahagia

Mungkin Anda sering mendengar bahwa sinar matahari dapat berpengaruh pada suasana hati dan kesehatan manusia. Jadi, jika Anda sering merasakan suasana hati yang buruk, bisa jadi rumah Anda kekurangan sinar matahari.

Selain suasana hati yang memburuk dan tidak bahagia, berikut dampak kesehatan bagi penghuni rumah jika rumah kekurangan sinar matahari:

  • Stres
  • Kekurangan fokus
  • Meningkatnya tekanan darah
  • Kekurangan vitamin D
  • Kekurangan energi, sehingga terus merasa lelah
  • Sulit tidur

Baca Juga: Tips Mendekorasi Rooftop yang Estetik Sekaligus Nyaman

Ventilasi udara yang buruk

Tahukah Anda bahwa pencahayaan alami dan ventilasi udara di rumah saling berhubungan?

Coba perhatikan apakah ventilasi atau sirkulasi udara di rumah lancar. Jika rumah terasa sumpek, sesak, atau tidak mendapatkan sirkulasi udara yang cukup, maka ada kemungkinan rumah Anda kekurangan sinar matahari.

Untuk mengatasinya, coba buka jendela atau pintu rumah lebar-lebar setiap kali ada kesempatan. Selain membantu memasukkan sinar matahari sebanyak-banyaknya ke rumah, sirkulasi udara di rumah Anda juga akan lebih lancar.

Nah, itulah beberapa tanda yang perlu diperhatikan untuk mengetahui apakah rumah Anda kekurangan cahaya matahari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Baca Juga: Ini 4 Tips Merawat Lantai Marmer, Tidak Sulit Kok!

Selanjutnya: Moody's naikkan rating Lippo Karawaci (LPKR) dari stabil menjadi positif

Editor: Kania Paramahita
Terbaru