Santai

Bisa Atasi Ngorok, Ini 4 Manfaat Lakukan Mouth Taping saat Tidur Malam!

Bisa Atasi Ngorok, Ini 4 Manfaat Lakukan Mouth Taping saat Tidur Malam!

MOMSMONEY.ID - Tidur merupakan kebutuhan penting bagi manusia untuk mengembalikan lagi energi dan banyak manfaat lainnya. Namun, beberapa orang tentunya pernah mengalami kesulitan tidur karena beberapa gangguan.

Salah satunya adalah kualitas tidur yang buruk maupun mengorok. Mouth taping atau plester mulut merupakan salah satu treatment alternatif yang bisa dijadikan terapi untuk mengatasi masalah tidur.

Cara menggunakan plester mulut adalah dengan menutup mulut sebelum tidur. Ketika menutup mulut maka Anda otomatis harus bernafas melalui hidung. Dengan demikian, dapat mengurangi kemungkinan mendengkur saat tidur. 

Baca Juga: Tak Hanya Puas, Ini Sederet Penyakit yang Bisa Sembuh Melalui Aktivitas Seksual

Berikut ini adalah beberapa daftar manfaat menggunakan metode mouth taping untuk mengatasi gangguan tidur.

Meningkatkan REM

REM atau Rapid Eye Movement dalam tidur merupakan hal penting dan memberikan banyak fungsi stimulasi. Melansir dari laman Mind Body Green, REM saat tidur berfungsi untuk menstimulasi area pada bagian otak untuk mempertahankan dan menyimpan informasi dalam otak.

Fase ini merupakan fase yang paling banyak menjadi faktor kualitas tidur yang buruk. Sebab kebanyakan orang terbiasa tidur atau bernafas dengan menggunakan mulut bukan hidung. Dengan mouth taping, pengguna terapi diharuskan menempelkan strip atau isolasi khusus pada bagian mulut. Sehingga nantinya kebiasaan bernafas dengan mulut bisa berkurang.

Tidur lebih nyenyak

Sering mengalami tidur yang kurang nyenyak hingga tidak berkualitas di malam hari juga bisa ditingkatkan dengan menggunakan metode mouth taping. Tidur yang nyenyak dan berkualitas hanya bisa diperoleh orang-orang yang bisa mencapai fase REM saat tidur. 

Mouth taping adalah metode yang bisa membantu penderita insomnia untuk memperoleh kualitas tidur yang lebih baik dan nyenyak. Sebab mouth taping bisa membantu untuk mencapai REM saat tidur hanya dengan rutin menerapkan metode ini saat tidur malam.

Baca Juga: Sering Sembelit, Jangan Sekali-kali Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Mengatasi gangguan ngorok

Bukan hanya kualitas tidur saja yang bisa ditingkatkan dengan menerapkan terapi mouth taping. Gangguan ngorok pun juga bisa diatasi dengan rutin mempraktekan terapi ini saat tidur di malam hari.

Orang-orang dengan kebiasaan ngorok memiliki tendensi melakukan pernafasan dengan mulut. Sedangkan pernafasan yang baik digunakan saat tidur adalah dengan menggunakan hidung. Maka dari itu terapi mouth taping bisa membantu mengatasi masalah kebiasaan ngorok saat tidur.

Meningkatkan kesehatan dental

Manfaat lain yang bisa diperoleh dengan menggunakan mouth taping adalah bisa membantu menjaga kesehatan dental dan juga mulut.

Malansir dari laman Sleep Foundation, masalah kesehatan mulut dan gigi seperti, mulut kering, masalah gusi, karang gigi, hingga bau mulut bisa diminimalisir dengan metode ini. Bagi yang ingin mencoba metode ini bisa menggunakan selotip khusus mouth taping yang bisa ditemui dengan mudah secara offline maupun online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News