Bugar

Bisa Anda Coba! Ini 5 Tips Mencegah Gangguan Kecemasan

Bisa Anda Coba! Ini 5 Tips Mencegah Gangguan Kecemasan

MOMSMONEY.ID - Merasa cemas adalah sesuatu yang normal. Namun bila Anda terlalu sering merasa cemas sehingga mengganggu aktivitas dan kecemasanmu sulit dikendalikan, ini bisa jadi tanda gangguan kecemasan umum. 

Jika Anda memiliki gangguan kecemasan, Anda mungkin memerlukan bantuan profesional. Bicaralah dengan dokter, supaya Anda mendapatkan saran profesional. 

Selain itu, jika Anda mengalami gangguan kecemasan, berikut ini adalah tips yang dilansir dari Mental Health untuk mencegah gangguan kecemasan, antara lain: 

 Baca Juga: Apa Itu Tourette Syndrome? Ini Penjelasan Lengkapnya Menurut Ahli

Memiliki me-time

Melakukan rutinitas yang sama terus menerus bisa membuat stres dan merasa cemas. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri setiap hari.

Ini bisa dilakukan dengan membaca buku, mengambil jeda dari laptop, menikmati secangkir teh, atau apapun kegiatan “me time” yang membuatmu lebih santai.

Mulailah untuk berkata tidak

Ada ketakutan kalau berkata tidak Anda akan ditinggalkan, tidak akan diberi tanggung jawab lagi oleh atasan, kehilangan pertemanan, dan lain-lain.

Sudah saatnya Anda memulai membiasakan diri untuk berkata tidak. Bekerjalah sesuai dengan kemampuan dan tolak hal-hal yang memang sedang tidak diminati.

Buat jurnal dan menulis

Catat peristiwa-peristiwa saat Anda sering merasa cemas, apa pemicunya, kemudian hal-hal apa saja yang kerap membuat Anda khawatir.

Dengan membuat jurnal ini, Anda bisa merincikan penyebab, dan di waktu-waktu kapan saja Anda merasa cemas.

Ini sangat penting untuk disampaikan kepada psikolog atau psikiater agar mereka mengetahui pola kecemasan dan cara-cara untuk menghindarinya.

Baca Juga: Kenali Tanda dan Dampak jika Anda Mengalami Frustasi Berikut Ini!

Melakukan relaksasi

Teknik relaksasi bisa menjadi salah satu cara menghilangkan gangguan kecemasan. Cobalah melakukan meditasi atau yoga secara rutin.

Penelitian dalam Johns Hopkins Medicine menyatakan bahwa 30 menit meditasi setiap hari mampu mengurangi gejala kecemasan dan depresi. 

Tetap aktif secara fisik 

Gangguan kecemasan bukan penghalang melakukan berbagai hal. Anda juga perlu mengembangkan rutinitas positif yang membuat tubuh tetap aktif. Ini bisa menjadi cara agar tidak cemas.

Cobalah rutin berolahraga. Aktivitas ini tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga bisa menjadi cara mengurangi gejala kecemasan sekaligus meningkatkan suasana hati. 

Itulah beberapa cara mengatasi gangguan kecemasan yang bisa Anda lakukan. Jangan ragu untuk bercerita kepada orang yang Anda percaya.

Anda juga bisa membuat janji konsultasi dengan profesional untuk memastikan kondisi kesehatan mental Anda dan solusi terbaik yang bisa ditempuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News