Keluarga

Bingung Menata Ruang Tamu Anda? Yuk, Intip Cara Berikut

Bingung Menata Ruang Tamu Anda? Yuk, Intip Cara Berikut

MOMSMONEY.ID - Ruang tamu bisa dikatakan sebagai ruangan yang cukup sibuk di rumah Anda. Apalagi jika Anda sering menerima tamu di rumah. Tentunya, Anda ingin menata ruang tamu senyaman mungkin untuk keluarga dan tamu yang berkunjung. 

Ruang tamu di rumah yang semi terbuka juga kerap menjadi ruang penghubung menuju ke ruangan lainnya. Sehingga, Anda juga perlu membuat ruang tamu memiliki ruang yang cukup untuk bergerak tanpa perlu menghilangkan kenyamanannya. 

Baca Juga: Apa itu Rumah Tumbuh? Pahami Pengertian, Kelebihan, & Kekurangannya

Berikut cara menata ruang tamu Anda 

1. Pilih furnitur dengan skala yang tepat

Di ruang tamu biasanya banyak furnitur yang memiliki garis rendah seperti sofa, peralatan hiburan lainnya dan meja kopi. Furnitur bergaris rendah ini cocok menciptakan ilusi luas untuk ruang tamu yang memiliki langit-langit rendah. 

Namun, jika Anda memiliki ruang tamu dengan langit-langit tinggi, cara menata ruang tamu Anda adalah memilih furnitur dengan ukuran yang lebih besar. 

2. Jangan menghilangkan seluruh dinding

Sering kali saat Anda punya rencana mendekor ulang ruang tamu, yang dilakukan adalah merobohkan tembok untuk membuat ruang lebih terbuka. Ide ini cukup baik hingga Anda ingin kembali ke tatanan semula dan menyadari Anda tidak memiliki dinding lagi. 

Salah satu cara untuk mengakalinya adalah menggunakan rak buku terbuka yang dipasang dari lantai hingga memenuhi langit-langit. Rak buku ini bisa membagi dua ruangan dan tetap menjaga udara serta cahaya masuk dengan mudah. 

Baca Juga: Ini lo Keuntungan Pakai Karpet Bulat di Rumah Anda

3. Buat ruang tamu yang bisa mengakomodasi kebutuhan Anda

Cara menata ruang tamu yang tepat adalah membuat ruang tamu nyaman dan bisa mengakomodasi kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan ruang tamu yang bisa sekaligus sebagai tempat bekerja, maka tambahkan sudut kerja.

Kalau Anda hanya ingin ruang tamu juga sebagai ruang hiburan, lengkapi dengan peralatan sound-system dan hiburan lainnya. Hanya, pastikan saja ada ruang yang lega untuk bergerak di ruangan tersebut. 

4. Pertimbangkan adanya televisi di ruang tamu atau tidak

Untuk menata ruang tamu, pertimbangkan dulu pentingnya ada televisi di ruangan tersebut. Apabila Anda suka menonton film, maka tambahkan televisi di salah satu dinding. Jangan gunakan pintu slide yang akan mengganggu kenyamanan Anda saat menonton. 

Jika Anda menginginkan ada televisi di ruang tamu, pastikan pasang televisi setinggi mata Anda saat duduk di sofa. Kemudian, pastikan sofa memiliki jarak yang tepat dari TV. Apabila Anda memiliki layar TV 150 cm atau 60 inci, jarak sofa dengan televisi sekitar 3,75 meter. 

Baca Juga: Terganggu Dengan Bau Asap Di Ruangan? Begini Cara Menghilangkannya!

5. Jangan terlalu banyak menggunakan furnitur

Anda tentu ingin memastikan semua tamu yang hadir bisa mendapatkan tempat duduk. Namun, ini bukan alasan untuk mengisi penuh ruang tamu Anda. 

Tetap gunakan furnitur yang sesuai porsi sehingga Anda masih bebas bergerak. Jika tamu yang datang cukup banyak, pilih menggunakan kursi yang mudah dipindahkan dan disimpan di gudang. 

Demikian informasi cara menata ruang tamu dengan tepat supaya tetap nyaman. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News