Keluarga

Bingung Mau Beli AC? Simak 5 Tips Memilih AC

Bingung Mau Beli AC? Simak 5 Tips Memilih AC

MOMSMONEY.ID - Anda berencana membeli AC baru? Jika iya, cermati beberapa tips memilih AC yang tepat.

AC (air conditioner) adalah salah satu barang elektronik yang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Karena AC merupakan barang elektronik, maka Anda harus lebih selektif saat memilih AC.

Sebab, jika tidak, maka AC yang Anda beli bisa saja tak sesuai dengan apa yang dibutuhkan, entah karena boros listrik atau terlalu bising. Untuk menghindarinya, berikut beberapa tips memilih AC yang tepat, dilansir dari Pinhome dan Sharp!

Sesuaikan dengan ruangan

Tips memilih AC yang tepat yaitu dengan menyesuaikan ukuran AC yang ingin dibeli dengan luas ruangan yang akan ditempati.

Mengukur luas ruangan dengan panjang AC ditujukan agar dapat menyesuaikan PK (Paard Kracht) atau daya kuda untuk mendinginkan sebuah ruangan agar listrik yang Anda gunakan tak boros dan sia-sia.

Berikut beberapa tips yang MomsMoney kutip dari laman PinHome.id dalam menentukan ukuran ruangan dengan ukuran PK AC, di antaranya:

  • 1/2 PK untuk ruangan berukuran 10 meter persegi (m2)
  • 3/4 PK untuk ruangan berukuran 14 (m2)
  • 1 PK untuk ruangan berukuran 18 (m2)
  • 1 1/2 PK untuk ruangan berukuran 24 (m2)
  • 2 PK untuk ruangan berukuran 36 (m2

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Pilih tipe AC

Memilih tipe AC bisa jadi salah satu tips pilih AC yang tepat sebelum membelinya. Ada begitu banyak tipe-tipe AC yang beredar di pasaran, di antaranya:

  • Tipe AC standar
  • Tipe AC low watt
  • Tipe AC inverter; dan
  • Tipe AC anti bakteri

Sesuaikan tipe AC dengan kebutuhan yang diperlukan sehingga Anda tak akan merasa percuma saat telah membelinya.

Baca Juga: Kulkasmu Kotor dan Berbau? Simak 5 Cara Bersihkan Kulkas dari Bau Tak Sedap

Jangan pilih merek abal-abal

Tips pilih AC yang tepat adalah dengan tidak asal membeli tanpa mencari tahu mereknya terlebih dahulu.

Memilih barang elektronik haruslah yang berkualitas. Jangan pernah memilih merek abal-abal untuk barang elektronik, terutama untuk kebutuhan sehari-hari seperti AC, misalnya.

Memilih merek AC yang abal abal lebih dikhawatirkan karena tak ada keuntungan paket lengkap seperti jaminan garansi produk serta service center yang memadai.

Untuk dapat mengatasinya, coba kenali merek-merek terkenal dan yang sudah dapat dijamin kualitasnya. Baca juga ulasan jujur dari para pembeli terhadap merek-merek tertentu agar Anda tak tertipu oleh gimmick yang di gembar-gemborkan.

Merek-merek terkenal juga biasanya sudah sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Terutama untuk AC, merek-merek terkenal bisa jadi penjamin keuntungan lainnya seperti tingkat kebisingan AC yang dapat dihindari.

Baca Juga: 6 Langkah Bersihkan Dispenser Sendiri Agar Terhindar dari Bakteri

Sesuaikan dengan budget

Jika Anda telah mengincar merek-merek AC tertentu, maka tips pilih AC yang tepat adalah dengan menyesuaikan budget yang dimiliki dengan harga AC yang diincar.

Cobalah untuk berhemat dan mengatur anggaran keuangan sebelum membeli AC yang diinginkan.

Selain itu, patut diperhatikan juga daya listrik yang akan dipakai oleh AC tersebut agar tak boros tagihan listrik. Karena, ada beberapa jenis AC tertetu yang harganya murah namun ternyata memiliki daya listrik yang cukup besar sehingga Anda merasa ditipu saat telah membelinya.

Pelajari fitur yang tersedia

Tips pilih AC yang tepat bisa dilakukan dengan mempelajari fitur-fitur yang tersedia pada AC.

Fitur-fitur yang umum hadir pada AC biasanya mulai dari thermostat pintar yang punya fungsi untuk mendinginkan udara secara otomatis, hingga fitur auto delay switch untuk mengeluarkan sisa udara dingin sat AC sudah dimatikan.

Baca Juga: Punya Wajan yang Menghitam? Simak 3 Cara Bersihkan Wajan dari Kerak yang Sulit Hilang

Fitur pada AC ini biasanya ditentukan sesuai dengan jenis, merek, serta harga AC yang dipilih.

Semakin bagus AC yang dipilih, maka semakin lengkap fiturnya. Tapi jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan kebutuhanmu, ya.

Nah, itu dia beberapa tips pilih AC yang tepat. Jika Anda ingin membeli AC, ada baiknya ikuti tips-tips di atas agar tak salah membeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News