Keluarga

Bikin Tubuh Hangat, Ini 4 Makanan Korea yang Cocok Dikonsumsi Saat Hujan

Bikin Tubuh Hangat, Ini 4 Makanan Korea yang Cocok Dikonsumsi Saat Hujan

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa inspirasi makanan Korea yang cocok dikonsumsi saat hujan.

Korea sangat terkenal akan berbagai masakan khas musim dingin. Makanan-makanan ini memiliki kuah panas dan berbumbu merah pedas. Inilah mengapa ada banyak makanan Korea yang cocok dikonsumsi saat musim hujan.

Nah, kali ini MomsMoney telah merangkum sederet makanan Korea yang cocok dikonsumsi saat musim hujan. Mau tahu apa selengkapnya? Dilansir dari laman Migrationology dan Korean Bapsang, ini dia selengkapnya.

Baca Juga: Resep Sundubu Jjigae, Sup Tahu Pedas Khas Korea yang Pas Disantap Saat Musim Hujan

1. Sundubu Jjigae (Soft Tofu Stew)

Sundubu Jjigae

Siapa yang tak tahu Sundubu Jjigae? Sundubu Jjigae merupakan makanan popular yang tak hanya dikenal di Korea saja, tapi juga dunia, bahkan di Indonesia.

Sundubu Jjigae adalah hidangan sup tahu rebus berkuah pedas yang dimasak dengan saus gochujang dan gochugaru atau bubuk cabai dalam porsi yang banyak.

Tahu yang disajikan sangat lembut dan tidak menggumpal. Saking lembutnya tahu tersebut, rasanya hampir seperti sedang memakan agar-agar.

Baca Juga: 8 Panduan Istilah Umum Makanan Korea yang Harus Anda Ketahui

Tapi tak hanya itu, dalam masakan Sundubu Jjigae, disajikan pula aneka bahan pendamping lainnya seperti jamur enoki, telur, hingga irisan daging, dan seledri yang menambah harum masakan yang satu ini.

Sundubu Jjigae selalu disajikan panas-panas. Inilah alasan mengapa Sundubu Jjigae termasuk ke dalam salah satu makanan Korea yang cocok dikonsumsi saat musim hujan.

Baca Juga: Resep Sup Ayam Ginseng Ala Korea yang Kaya Rempah & Menyehatkan

2. Samgyetang (Ginseng Chicken Soup)

Samgyetang

Ada makanan Korea yang cocok dikonsumsi saat musim hujan. Bahan utamanya adalah 1 ayam utuh! Tahu apa namanya? Inilah Samgyetang.

Samgyetang merupakan Sup Ayam yang dimasak bersama irisan ginseng dan dikenal sebagai salah satu makanan berempah yang selalu disajikan saat sedang sakit atau pasca pemulihan.

Baca Juga: Resep Hotteok si Jajanan Kaki Lima Ala Korea, Krispi di Luar Meleleh di Dalam

Tak hanya itu, Samgyetang juga kerap kali disajikan pada saat musim hujan & musim dingin karena kandungan kuah ginsengnya yang dapat menghangatkan tubuh tiap kali dikonsumsi.

Melansir dari Primarasa, kandungan ginseng pada sup Samgyetang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, salah satunya menurunkan kadar gula darah.

Sementara itu, ayam yang biasa digunakan dalam masakan Samgyetang adalah jenis ayam muda utuh.

Jika Anda butuh makanan Korea yang cocok dikonsumsi saat musim hujan & bikin tubuh jadi terasa hangat, coba pesan menu Samgyetang di restoran bertema Korea di sekitarmu.

Baca Juga: Daftar 5 Jenis Hidangan Mie Dingin Ala Korea, dari Naengmyeon hingga Makguksu

3. Dakbokkeumtang (Spicy Chicken Stew)

Makanan Korea yang cocok dikonsumsi saat musim hujan adalah Dakbokkeumtang atau Spicy Chicken Stew.

Dakbokkeumtang merupakan salah satu makanan klasik ala Korea yang berbahan utama ayam yang dilengkapi dengan kuah pedas berwarna merah yang melegakan tenggorokan.

Baca Juga: 6 Tas Chanel Paling Ikonik Sepanjang Masa, Makin Mirip dengan Jennie Blackpink!

Makanan Korea Dakbokkeumtang

Untuk menu ayam dalam sajian Dakbokkeumtang disajikan dalam bentuk kecil-kecil dnegan tujuan untuk mempermudah saat dimakan.

Dakbokkeumtang sendiri dimasak bersama bahan-bahan lainnya seperti kentang, sayuran, wortel, dan bawang. Makanan Korea yang satu ini sangat populer, terutama banyak disantap ketika musim hujan & musim dingin tiba di Korea.

Baca Juga: 7 Makanan Korea Utara Paling Menarik yang Wajib Dicoba, Sudah Tahu Belum?

4. Beoseot Jeongol (Mushroom Hot Pot)

Beoseot Jeongol merupakan salah satu makanan Korea yang cocok dikonsumsi saat musim hujan. Meski tak sepopular 3 makanan Korea lainnya, namun menu yang satu ini tak kalah lezat loh.

Dalam bahasa Korea, Beoseot Jeongol memiliki arti sebagai sup jamur rebus. Kata “Beoseot” berarti “jamur”, sementara kata ‘Jeongol’ berarti makanan yang direbus.

Baca Juga: Ini 6 Varian Ayam Korea yang Super Lezat, Pernah Coba?

Beoseot Jeongol

Beoseot Jeongol disajikan dalam bentuk makanan berkuah bersama bahan lain seperti wortel, jamur enoki, bawang Bombay, tiram, kubis, lobak, dan daun selada.

Tak melupakan ciri khas makanan Korea yang selalu menghidangkan saus pedas berwarna merah, kuah Beoseot Jeongol juga disajikan bersama campuran saus pedas Korea gochujang.

Baca Juga: 7 Street Food Jepang yang Jarang Didengar, Wajib Anda Coba Saat Berlibur ke Jepang

Jika ingin menambah cita rasa pedas, cukup tambahkan gochugaru (bubuk cabai khas Korea) yang bisa anda beli di toko khusus yang menjual berbagai produk makanan Korea.

Itu dia aneka makanan Korea yang cocok dikonsumsi saat musim hujan. Ada yang ingin Anda masak hari ini untuk menghangatkan tubuh?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News