HOME, Bugar

Bikin Sehat! Ini 5 Makanan Rendah Kalori untuk Diet

 Bikin Sehat! Ini 5 Makanan Rendah Kalori untuk Diet

MOMSMONEY.ID - Diet menjadi salah satu gaya hidup untuk menurunkan berat badan. Pasalnya permasalahan berat badan yang terus bertambah seringkali membuat seseorang merasa tidak nyaman. 

Bukan hanya karena terjadinya perubahan dari segi fisik, tapi juga dari segi kesehatan. Menurut definisi dari Wikipedia, kegemukan atau obesitas merupakan kondisi tubuh memiliki lemak yang berlebih, sehingga berat badan terus bertambah melebihi standar dan dapat berbahaya bagi kesehatan dikemudian hari.

Ketika diet, seseorang harus memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsinya. Tak jarang, diet yang dilakukan tidak maksimal bukan karena tidak mengurangi asupan makannya, tapi karena konsumsi makanan yang berkalori tinggi. 

Jadi, walaupun porsi makannya sedikit, belum tentu berat badan seseorang akan turun. Berikut adalah 5 makanan rendah kalori yang cocok untuk mendukung diet Anda.

1. Daging Ikan

Daging ikan merupakan salah satu sumber protein terbesar, terutama untuk ikan kod, ikan patin, ikan salmon, ikan kembung, dan ikan tuna. Untuk memasaknya, lebih baik direbus, dipepes, atau dipanggang agar tidak mengandung lemak jahat.

2. Telur

Berdasarkan riset dari Healthline.com, mengonsumsi telur goreng dikhawatirkan dapat meningkatkan kadar lemak jahat akibat minyak yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu disarankan mengonsumsi telur rebus karena lebih menyehatkan. 

Baca Juga: Diet Telur Asin, Aman dan Efektif Turunkan Berat Badan

3. Wortel

Selain baik dikonsumsi untuk kesehatan mata, wortel juga makanan yang baik dikonsumsi ketika menurunkan berat badan. 100 gram wortel mengandung 41 kcal. Wortel juga mengandung vitamin A dan C yang tinggi, vitamin B, kalium, dan magnesium di dalamnya. Wortel cocok untuk dijadikan sebagai menu sayuran ataupun jus wortel.

4. Sayuran Hijau

Mengonsumsi sayur-sayuran memang sangat direkomendasikan untuk kesehatan. Selain kaya akan kandungan serat dan nutrisi, sayuran hijau juga dapat menjadi pilihan menu diet sehat. Beberapa contohnya seperti mentimun, asparagus, brokoli, bayam, kembang kol, dll.

Sayuran hijau ini adalah makanan rendah kalori untuk diet yang ampuh turunkan berat badan.

Baca Juga: Diet Pisang Ampuh Turunkan Berat Badan 4 Kg selama Seminggu

4. Yogurt

Yoghurt merupakan produk susu yang telah melalui proses fermentasi. Ada begitu banyak brand dan varian yogurt di pasaran yang bisa dipilih sesuai selera.

Setiap 100 gram yoghurt mengandung 58,8 kcal. Produk yoghurt juga menyehatkan karena rendah lemak, tanpa menggunakan bahan pengawet, dan juga rendah gula.

Nah, sekarang Anda sudah punya daftar makanan rendah kalori untuk menu diet yang dibutuhkan.  

Selanjutnya: 10 Tanda Anda Harus Segera Mulai Diet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News