Keluarga

Bikin Rumah Tampil Cantik, Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu!

Bikin Rumah Tampil Cantik, Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu!

MOMSMONEY.ID - Kayu adalah salah satu pilihan material untuk lantai rumah yang banyak difavoritkan. Lantai kayu memang ampuh menyulap tampilan suatu rumah menjadi lebih cantik dan estetis.

Selain itu, lantai kayu kerap memberikan kesan rumah yang hangat dan klasik.

Nah, jika Anda tertarik untuk menggunakan lantai kayu di rumah, sebaiknya pahami dulu berbagai kelebihan dan kekurangannya supaya nantinya tidak menyesal. Dirangkum dari Realtor, Architecture Lab, dan Forbes, berikut penjelasannya.

Kelebihan lantai kayu

1. Tampilannya cantik

Bukan rahasia lagi bila lantai kayu memiliki tampilan yang elegan dan cantik, sehingga membuat rumah terasa nyaman. Bahkan, bila dibandingkan dengan rumah berlantai keramik atau marmer, lantai kayu memiliki pesonanya tersendiri.

Baca Juga: 5 Trik Menggunakan Warna di Kamar Mandi, Suasana Makin Hidup!

2. Banyak variasinya

Ketika memilih lantai kayu, Anda akan dihadapkan dengan pilihan lantai kayu yang sangat bervariasi. Anda bisa memilih lantai kayu dengan warna paling terang hingga paling gelap, atau lantai kayu dengan warna coklat keabu-abuan hingga coklat kemerahan.

3. Tahan lama

Jika dirawat dengan benar, lantai kayu bisa tahan hingga bertahun-tahun, lo. Tak perlu khawatir lantai kayu akan terlihat ketinggalan zaman, karena lantai jenis ini tergolong timeless sehingga bisa disesuaikan dengan rumah bergaya apapun.

Kekurangan lantai kayu

1. Mudah tergores

Berbeda dengan keramik, marmer, atau granit, kayu tergolong material yang lembut. Artinya, lantai kayu akan sangat rentan tergores.

Oleh karena itu, hindari aktivitas yang bisa menggores permukaan lantai, seperti menggeser furnitur, menggunakan benda tajam, hingga membersihkan lantai dengan sikat berbulu kaku.

Baca Juga: 4 Tips Mengombinasikan Warna Cat Tembok dengan Keramik

2. Sensitif terhadap suhu dan kelembapan

Kayu memiliki pori-pori di bawah permukaannya, sehingga sangat mudah menyerap air dan kelembapan. Jadi, pastikan Anda langsung mengeringkan tumpahan air di atas lantai kayu supaya tidak mudah lembap dan lapuk.

Selain itu, lantai kayu juga dapat memuai dan menyusut akibat perubahan suhu.

3. Rawan terserang rayap

Sama seperti furnitur kayu, lantai kayu juga rawan terhadap serangan rayap yang bisa merusak tampilan dan kekuatan lantai tersebut. Solusinya, Anda bisa memilih jenis kayu yang lebih tahan rayap dan mengaplikasikan coating (pelapis) anti-rayap pada lantai.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan lantai kayu yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News