HOME, Keluarga

Bikin Rapi dan Teratur, Coba Cara Ini untuk Menata Rak Buku Anda

Bikin Rapi dan Teratur, Coba Cara Ini untuk Menata Rak Buku Anda

MOMSMONEY.ID - Jika Anda termasuk kutu buku kelas berat, keberadaan rak buku yang penuh dengan berbagai buku tentu sudah bukan hal yang asing lagi.

Namun, salah satu masalah yang dapat muncul dari tumpukan buku tersebut adalah bagaimana menatanya di rak buku supaya enak dipandang dan dapat diakses dengan mudah oleh penggunanya.

Kebanyakan orang biasanya memilih untuk menata bukunya sembarangan dan sekadarnya. Cara tersebut memang tidak salah, tapi ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba untuk menata rak buku supaya koleksi buku Anda tersimpan dengan rapi.

Dikutip dari Bookriot, berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk menata rak buku di rumah.

Baca Juga: Tips dan Trik Mendekorasi Rak Buku yang Keren dan Instagrammable, Yuk Simak!

Alfabetis

Menyusun buku secara alfabetis merupakan salah satu cara termudah untuk menata rak buku. Tergantung preferensi, Anda bisa memilih untuk menyusun buku menurut nama pengarang atau judulnya yang diurutkan secara alfabetis.

Selain membuat buku Anda tertata layaknya perpustakaan, susunan ini dapat memudahkan Anda atau orang lain saat mencari buku. Anda cukup mengingat judul atau pengarangnya dan mencari berdasarkan abjad.

Genre

Selain mengurutkan judul, Anda juga bisa mengelompokkan buku-buku berdasarkan genre atau tema bukunya. Misalnya, kelompokkan genre fiksi, misteri, pengetahuan, atau hobi di tempat yang berbeda-beda. Jika Anda memiliki banyak buku dengan beragam genre, cara ini bisa memudahkan Anda mencari buku yang disukai.

Namun, cara ini memiliki kelemahannya sendiri. Pasalnya, ada buku-buku yang memiliki beberapa genre sekaligus sehingga dapat membingungkan Anda karena akan sulit dikategorikan dalam satu genre saja.

Warna

Salah satu tren susunan buku yang tengah populer saat ini adalah menyusun buku berdasarkan warna sampulnya. Tidak heran, karena susunan buku berdasarkan warna dapat membuat rak buku Anda terlihat cantik dan estetik bila dipajang di media sosial.

Sama seperti poin sebelumnya, cara ini juga memiliki kelemahan karena kurang praktis. Anda akan sulit mencari buku-buku tertentu, kecuali jika Anda tahu persis apa warna bukunya. Variasi warna sampul buku juga dapat menyulitkan Anda untuk mengelompokkan buku-buku dengan warna yang tepat.

Baca Juga: Catat, Ini 7 Hal yang Wajib Ada di Kamar Minimalis ala Korea!

Buku fiksi dan nonfiksi

Jika Anda malas menyusun buku secara detail, sekadar memisahkan buku fiksi dan nonfiksi juga tidak ada salahnya. Cukup sediakan tempat yang berbeda atau beri pemisah, kemudian susun buku sesuai keinginan Anda.

Setelah dipisahkan berdasarkan jenis buku, Anda bisa mengurutkan buku fiksi sesuai judul atau genre, atau mengurutkan buku nonfiksi sesuai dengan topik yang dibahas. Pilihlah gaya susunan yang memudahkan Anda dalam menata dan mencari buku nantinya.

Buku yang belum dibaca

Untuk Anda yang memiliki tumpukan buku yang belum dibaca atau to-be-read (TBR), coba untuk mengelompokkan mereka menjadi satu area tersendiri di rak buku atau tempatkan di rak buku terpisah.

Tidak ada aturan khusus dalam mengurutkan buku-buku ini. Anda dapat mengurutkannya secara sembarangan, atau mengurutkannya berdasarkan tanggal pembelian supaya memudahkan Anda saat membaca buku.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menata rak buku di rumah. Anda tidak harus mengikuti satu cara, tapi cobalah untuk mengombinasikan beberapa cara supaya tatanan buku terasa personal dan memudahkan Anda mencari buku.

Selamat mencoba!

Selanjutnya: Hati-Hati, 7 Area Ini Sering Terlewat Saat Membersihkan Rumah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News