Keluarga

Bikin Panjang Umur, Ini 10 Manfaat Seks untuk Kesehatan Wanita yang Patut Moms Tahu

Bikin Panjang Umur, Ini 10 Manfaat Seks untuk Kesehatan Wanita yang Patut Moms Tahu

MOMSMONEY.ID - Sudah tahu belum? Ini 10 manfaat seks untuk kesehatan wanita.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa seks menyimpan beragam manfaat positif untuk kesehatan secara keseluruhan.

Faktanya, orang yang berhubungan seks 1-2 kali per minggu mengalami peningkatan kekebalan tubuh, menurut satu penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Reports.

Bagi wanita, pada khususnya, seks bagus untuk menunjang penampilan hingga kesuburan. Selengkapnya, berikut 10 manfaat seks untuk kesehatan wanita sebagaimana dirangkum dari Your Doctors Online dan Flo Health.

Baca Juga: Memikirkan Mantan Ternyata Memiliki Efek Positif Lho, Ini Kata Penelitian!

1. Melindungi otak

Satu studi menemukan bahwa wanita yang tetap aktif secara seksual hingga usia tua memiliki fungsi kognitif yang lebih baik daripada wanita yang tidak.

Peneliti mengukur kemampuan wanita untuk mengingat kata-kata dan menyesuaikan hasilnya dengan memperhitungkan faktor-faktor seperti depresi dan tingkat aktivitas fisik. Dalam tes, wanita yang aktif secara seksual tampil jauh lebih baik.

2. Menghilangkan stres

Beberapa masalah kesehatan wanita seperti penyakit jantung adalah akibat dari stres. Dan, seks bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu menghilangkan stres.

Ketika berhubungan seks, pusat kesenangan otak akan dihantam dengan dopamin. Sementara itu, kadar hormon stres kortisol akan menurun. Hormon oksitosin yang mampu meningkatkan perasaan bahagia juga akan dilepaskan dan memberikan efek menenangkan saat stres melanda.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Seks dan kesehatan berkaitan erat. Dalam sebuah penelitian, wanita dengan kehidupan seks yang memuaskan memiliki risiko hipertensi dan masalah kesehatan lain yang lebih rendah.

Penulis penelitian tersebut berpendapat bahwa kualitas seks lebih penting untuk kesehatan wanita daripada frekuensinya. Selain baik untuk jantung, kualitas seks yang memuaskan pada wanita juga sering dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan emosional.

4. Melatih otot dasar panggul

Otot dasar panggul yang bertanggung jawab untuk mengontrol aliran urin bisa melemah seiring bertambahnya usia atau setelah kehamilan.

Saat berhubungan seks, otot dasar panggul akan mendapatkan latihan yang sama baiknya dengan senam kegel.

5. Meningkatkan kesuburan

Manfaat seks lainnya untuk kesehatan wanita adalah meningkatkan kesuburan. Jadi, jika Anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan di masa depan, lebih sering berhubungan seks mungkin akan membantu.

Dengan rutin berhubungan seks, itu dapat menyeimbangkan hormon yang membuat menstruasi lebih teratur. Pada gilirannya, menstruasi yang teratur akan sekaligus meningkatkan kesuburan.

Baca Juga: Kurang Baik untuk Miss V, Ini 8 Efek Samping Berhubungan Seks Setiap Hari

6. Awet muda

Wanita yang rutin berhubungan seks cenderung terlihat awet muda. Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh seorang neuropsikolog klinis di Royal Edinburgh Hospital bernama Dr. David Weeks. Menurut Dr. David, wanita yang memiliki cinta yang bergairah dalam hidup mereka terlihat 5-7 tahun lebih muda.

Tatkala aktivitas seks berlangsung, hormon estrogen akan meningkat secara siginifikan. Adapun peningkatan ini dapat memompa kulit untuk meminimalkan tanda-tanda penuaan berupa kerutan. Menarik sekali kan, Moms?

7. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi kardiovaskular yang serius atau fatal. Penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi juga berdampak negatif pada orgasme wanita.

Kabar baiknya, seks telah dikaitkan dengan tekanan darah sistolik yang lebih rendah. Mengutip situs RSUD H. Badaruddin Kasim, tekanan darah sistolik adalah tekanan darah pada saat jantung memompa darah atau saat berkontraksi.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Seks dapat membantu meredakan insomnia. Setelah wanita mengalami orgasme, prolaktin atau hormon yang mendorong relaksasi akan dilepaskan.

Menurut penelitian, seks mampu memicu produksi prolaktin yang jauh lebih banyak daripada masturbasi.

9. Mengatasi kram menstruasi

Banyak wanita setuju bahwa kram menstruasi cenderung berkurang setelah momen seks yang romantis.

Para peneliti percaya bahwa hal itu disebabkan oleh kontraksi otot selama orgasme yang menyebabkan rahim terasa lega.

10. Mendorong hidup lebih lama

Selain bikin awet muda, seks juga dapat membuat wanita hidup lebih lama. Wanita yang mencapai klimaks hingga tiga kali per minggu cenderung menurunkan tingkat kematian mereka sampai 50%, menurut sebuah penelitian di Australia.

Itulah 10 manfaat seks untuk kesehatan wanita yang patut Moms tahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News