ads

Bikin Norak, Ini 5 Kesalahan Saat Memakai Warna untuk Dekorasi Rumah

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 01 Mei 2022 | 11:10 WIB
Bikin Norak, Ini 5 Kesalahan Saat Memakai Warna untuk Dekorasi Rumah


MOMSMONEY.ID - Warna memainkan peran yang cukup penting pada dekorasi rumah karena dapat memberikan kesan atau suasana tertentu di rumah Anda.

Oleh karena itu, penggunaan warna pada dekorasi rumah tentu tak boleh sembarangan. Supaya interior rumah Anda semakin menarik dengan kehadiran beragam warna, lebih baik hindari beberapa kesalahan yang kerap dilakukan orang-orang saat menggunakan warna pada dekorasi rumah.

Apa sajakah kesalahan yang dimaksud? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: 6 Trik Membuat Ruangan yang Kedap Suara di Rumah

Tidak mempertimbangkan pencahayaan di rumah

Mengutip laman Apartment Therapy, pencahayaan dapat mengubah warna cat yang digunakan di dinding. Misalnya, warna dinding di rumah dapat terlihat lebih terang, gelap, atau memiliki kesan kekuningan atau keabu-abuan jika terkena sumber pencahayaan yang berbeda.

Jadi, sebaiknya perhatikan pencahayaan yang ada di rumah Anda. Jika memungkinkan, mintalah sampel cat untuk digunakan di rumah supaya Anda dapat melihat perubahan warnanya sepanjang hari.

Memadukan terlalu banyak warna

Walaupun interior rumah yang berwarna-warni terlihat ceria dan menyenangkan, Anda perlu berhati-hati supaya tidak memadukan terlalu banyak warna sekaligus.

Supaya perpaduan warna yang digunakan terlihat serasi, selalu perhatikan penggunaan warna di rumah Anda. Misalnya, gunakan satu atau dua warna utama, lalu baru gunakan warna-warna lainnya dalam jumlah sedikit dan sebar ke seluruh ruangan. Jangan lupa tambahkan warna netral sebagai penyeimbang.

Baca Juga: 4 Alasan Anda Harus Punya Kitchen Island di Dapur

Terlalu membatasi penggunaan warna

Demi menciptakan tampilan rumah yang aesthetic dan simpel, orang-orang kerap terlalu membatasi penggunaan warna yang ada di rumahnya. Misalnya, hanya menggunakan furnitur berwarna krem atau putih supaya serasi dengan warna dinding.

Padahal, penggunaan warna yang terlalu dibatasi dapat membuat interior rumah Anda terlihat membosankan. Sebaiknya, tambahkan berbagai warna yang berbeda di dalam rumah, tapi tetap perhatikan komposisinya supaya tetap seimbang dan tidak berlebihan.

Baca Juga: Tinggal di Rumah Kecil? Hal-Hal Ini Wajib Ada, Yuk Simak!

Bermain terlalu aman dengan warna

Pernahkah Anda menginginkan warna dinding yang terkesan berani, tapi tidak jadi menggunakan warna tersebut karena khawatir terlihat jelek di rumah? Atau, apakah Anda saat ini menggunakan dekorasi berwarna netral hanya karena tidak ingin rumah terlihat ramai dan berwarna-warni?

Jika ya, singkirkan kekhawatiran tersebut dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan warna. Dikutip dari House Beautiful, cobalah untuk menambahkan kombinasi warna yang kontras sehingga interior rumah Anda terlihat menarik, tapi tidak berlebihan.

Menggunakan warna yang berbeda di setiap ruangan

Sekilas, memberi warna yang berbeda di setiap ruangan di rumah terdengar menarik dan dapat menciptakan tampilan interior rumah yang unik. Namun, hal ini justru dapat membuat rumah Anda terlihat kurang serasi, lo.

Melansir MyMove, jika Anda ingin menggunakan warna-warna yang berbeda, pastikan warna-warna tersebut saling melengkapi. Jadi, rumah Anda akan terlihat lebih harmonis dan enak dipandang.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat menggunakan warna pada dekorasi rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER