Keluarga

Bikin Mulus dan Cantik, Simak Tips Merawat Lantai Semen di Sini!

Bikin Mulus dan Cantik, Simak Tips Merawat Lantai Semen di Sini!

MOMSMONEY.ID - Di samping keramik, semen merupakan salah satu material yang banyak digunakan sebagai bahan lantai di rumah-rumah Indonesia.

Dilansir dari 99.co dan Homify India, lantai semen menawarkan beberapa kelebihan, seperti tidak memerlukan biaya atau komponen tambahan untuk memasangnya sehingga cenderung lebih murah, fleksibel dan tahan lama, serta memiliki permukaan halus dan dingin yang cocok untuk daerah tropis.

Walaupun pembuatannya mudah dan tidak memerlukan perawatan yang detail, penampilan lantai semen juga harus dijaga supaya tetap cantik dipandang. Tidak mau kan, lantai semen di rumah Anda penuh dengan noda dan goresan yang mengurangi nilai estetikanya?

Jangan khawatir, perawatan lantai semen cukup mudah untuk dilakukan. Dilansir dari Onfloor dan Royale Concrete, berikut tipsnya.

Baca Juga: Simak, Ini 4 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Anak-Anak!

Segera bersihkan cairan yang tumpah

Lantai semen memiliki permukaan yang berpori, sehingga mudah menyerap cairan. Jadi, segera bersihkan cairan yang tumpah di atas lantai semen untuk mencegahnya meresap ke bawah permukaan lantai dan membentuk noda yang membandel dan sulit dihilangkan.

Sapu atau vacuum secara rutin

Tidak hanya mudah menyerap cairan, lantai semen yang berpori juga dapat menjadi tempat penumpukan kotoran dan debu. Jika dibiarkan, kotoran dan debu tersebut bisa mengotori dan menggores permukaan lantai semen, sehingga mengurangi kehalusannya.

Sebaiknya, sapu lantai semen di rumah setiap hari untuk menyingkiran debu dan kotoran tersebut. Jika diperlukan, gunakan vacuum cleaner setiap beberapa hari sekali untuk membersihkan debu dengan tuntas.

Pel seminggu sekali

Selain menyapu dan melakukan vacuum, lantai semen juga perlu dipel secara rutin supaya permukaannya tetap halus dan kinclong. Mengepel lantai semen juga dapat membantu menyingkirkan kotoran yang membandel pada permukaan lantai.

Berbeda dengan menyapu atau vacuum, Anda hanya perlu mengepel lantai semen minimal seminggu sekali.

Baca Juga: 4 Hal yang Wajib Ada di Rumah Minimalis, Apa Saja?

Hindari produk kebersihan berbahan keras

Seperti yang sudah disebutkan di atas, lantai semen memiliki permukaan yang berpori sehingga rentan menyerap cairan dan kelembapan. Jadi, pastikan produk yang Anda gunakan untuk membersihkan lantai semen tidak mengandung bahan kimia keras yang dapat terserap dan merusak lantai tersebut.

Hindari produk pembersih dengan tingkat keasaman yang tinggi atau rendah, seperti amonia, cairan pemutih atau bleach, dan cuka. Gunakan produk pembersih yang memang diformulasikan khusus untuk membersihkan lantai, misalnya cairan pel biasa.

Bersihkan lantai semen secara bertahap

Ketika membersihkan lantai, kadang ada beberapa bagian yang terlewatkan atau lupa disentuh. Nah, untuk menghindari kejadian tersebut, bersihkan lantai semen secara bertahap.

Misalnya, bersihkan lantai dari ujung ruangan ke ujung satunya. Bergerak dari arah kiri ke kanan sambil berjalan maju atau mundur, supaya tidak ada bagian yang terlewatkan. Dengan menggunakan cara tersebut, lantai semen di rumah akan bersih seluruhnya.

Nah, itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga dan merawat lantai semen. Selamat mempraktikkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News