Keluarga

Bikin Kulit Jadi Glowing, Simak 5 Manfaat Seks untuk Kecantikan Kulit

Bikin Kulit Jadi Glowing, Simak 5 Manfaat Seks untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 manfaat seks untuk kecantikan kulit, simak sampai akhir ya.

Seks adalah jenis olahraga yang meningkatkan aliran darah dan memperbaiki warna kulit, menurut dokter kulit yang berbasis di New York bernama Brendan Camp, MD.

Peningkatan aliran darah tersebut mampu menginduksi pasokan oksigen dan nutrisi ke kulit yang bisa membantu mencegah timbulnya jerawat saat menstruasi.

Selain mencegah jerawat, masih banyak manfaat seks lainnya yang terbilang positif untuk kulit. Melansir bebodywise, berikut 5 manfaat seks untuk kecantikan kulit yang harus Anda tahu:

Baca Juga: Jangan Malu, Ini 6 Cara Mengajak Suami Berhubungan Seks yang Bisa Moms Coba

1. Meningkatkan vitalitas kulit

Studi menunjukkan bahwa wanita yang aktif secara seksual memiliki kadar hormon estrogen yang lebih tinggi.

Adapun hormon estrogen bermanfaat untuk membantu fungsi normal kelenjar minyak, folikel rambut, kulit, dan melanosit.

Hormon ini juga dapat mendukung vitalitas kulit, menjaga kulit tetap terhidrasi, mengatur produksi kelenjar minyak, dan membantu proses penyembuhan luka.

2. Mencegah jerawat

Seks berperan penting dalam mengurangi tingkat stres seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa seks yang sehat mampu menurunkan tingkat stres.

Seperti kita tahu, stres rentan menyebabkan berbagai masalah termasuk jerawat. Dengan rutin berhubungan seks, itu bisa sekaligus mengurangi kemungkinan munculnya jerawat yang mengganggu akibat stres.

3. Membuat kulit awet muda

Seks dapat meningkatkan kadar estrogen dan oksitosin dalam tubuh. Kadar estrogen yang baik mampu meningkatkan ketebalan kulit, produksi kolagen, dan produksi hyaluronic acid. Aspek-aspek inilah yang berperan optimal dalam memberikan penampilan kulit yang luwes.

Selain itu, orgasme yang dihasilkan dari aktivitas seks dapat menginduksi oksitosin yang menurunkan kadar hormon stres kortisol. Pada gilirannya, proses ini akan mengurangi kerusakan kolagen dan elastin penyebab kerutan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang berhubungan seks sebanyak tiga kali seminggu cenderung tampak 7-12 tahun lebih muda dari usia sebenarnya.

Baca Juga: Suka Bercinta Tanpa Henti? Pahami 7 Efek Samping Berhubungan Seks Setiap Hari

4. Menjadikan kulit glowing

Seks merupakan latihan fisik yang bagus untuk membantu membakar kalori. Di sisi lain, seks dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen dalam tubuh. Peningkatan aliran oksigen dan nutrisi dalam darah dengan sirkulasi yang lebih baik akan menghasilkan kulit yang terlihat glowing setelah berhubungan seks.

Selama seks berlangsung, hampir setiap sel menghasilkan oksida nitrat yang berperan penting dalam menjaga aliran darah.

Pelepasan oksida nitrat juga sangat membantu dalam meningkatkan fungsi penghalang kulit, mendukung pertahanan mikroba, menangkal dampak berbahaya dari paparan radiasi UV, serta mendorong penyembuhan luka.

5. Menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembab

Sering kali, wanita menjadi kurang aktif secara seksual seiring bertambahnya usia atau saat fase menopause tiba. Umumnya, hal tersebut terjadi karena penurunan produksi hormon.

Begitu menopause menimpa seorang wanita, kualitas kulitnya cenderung akan berkurang dan teksturnya menjadi kering.

Untuk membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembab bahkan saat menopause, terlibat dalam seks yang teratur sangat disarankan. Pasalnya, seks mampu mengelola suplai darah dan oksigen di kulit yang berperan dalam menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembab.

Demikian 5 manfaat seks untuk kecantikan kulit yang tidak boleh Anda lewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News