Keluarga

Bikin Kulit Glowing dan Kencang, Ini 5 Manfaat Olahraga Lari untuk Kecantikan

Bikin Kulit Glowing dan Kencang, Ini 5 Manfaat Olahraga Lari untuk Kecantikan

MOMSMONEY.ID - Bisa bikin kulit jadi glowing dan kencang, ini 5 manfaat olahraga lari untuk kecantikan.

Meski sederhana, faktanya, olahraga lari tidak boleh diremehkan mengingat manfaatnya yang luar biasa.

Selain bisa menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kekuatan otak, dan membantu menurunkan berat badan, lari juga mampu memberikan pengaruh yang besar bagi kecantikan kulit maupun rambut, lo.

Bahkan, Anda sudah bisa melihat hasilnya dengan rutin berlari setidaknya 30 menit sebanyak 3 kali seminggu, menurut personal trainer Erin Beck.

Supaya Anda termotivasi untuk mulai melakukannya secara konsisten, berikut 5 manfaat olahraga lari untuk kecantikan yang perlu Anda tahu terlebih dahulu, dirangkum dari Popular Science:

Baca Juga: 5 Makanan Tinggi Keratin untuk Rambut Sehat dan Kuat. Yuk, Konsumsi!

1. Meremajakan kulit kusam

Saat Anda berlari, ada tekanan pada otot dan itu membutuhkan oksigen yang cukup untuk membuatnya tetap bergerak.

Sistem kardiovaskular dan pernapasan Anda akan merespons peningkatan permintaan oksigen dengan memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh dengan lebih cepat.

Peningkatan sirkulasi darah saat berlari akan memberi kulit lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan nutrisi dari darah yang kaya oksigen.

Adapun oksigenasi kulit yang lebih baik mampu membantu regenerasi sel kulit baru yang menghasilkan kulit kenyal, bercahaya, dan bebas kusam.

2. Membantu pertumbuhan akar rambut

Peningkatan sirkulasi darah di kulit selama Anda berlari juga bisa membantu meningkatkan penampilan serta pertumbuhan akar rambut

Lindsey Bordone, dokter kulit dan asisten profesor di Columbia University Irving Medical Center, mengatakan, berlari memiliki cara kerja yang mirip dengan obat penumbuh rambut minoxidil yang diresepkan secara teratur.

Keduanya sama-sama dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga ketika darah dikirim ke pembuluh kecil di kulit kepala akan ada lebih banyak darah kaya oksigen yang mengalir untuk memberi makan folikel rambut.

Baca Juga: Ingin Mulai Olahraga Lari? Ini 5 Teknik Cara Berlari Dengan Benar Bagi Pemula

3. Meredakan jerawat

Berlari dengan jarak jauh bisa membantu mengurangi kadar hormon stres kortisol pemicu pori-pori tersumbat dan jerawat.

Selain itu, olahraga lari juga dapat menghasilkan keringat yang mampu membuka pori-pori tersumbat serta mengeluarkan bakteri dan kotoran penyebab jerawat.

Manfaat tidak langsung dari berlari yaitu meningkatkan aliran ke area otak yang terlibat dalam emosi dan pemikiran yang lebih tinggi.

Kemungkinan, setelah berlari, Anda akan memiliki dorongan untuk tidur lebih banyak, minum lebih banyak air, dan makan lebih sedikit makanan yang tidak sehat. Pada akhirnya, dorongan-dorongan seperti ini akan membantu menghilangkan jerawat dari dalam.

4. Mengurangi tampilan selulit

Selulit terjadi ketika lemak menempel di bawah kulit. Semakin banyak sel lemak yang Anda miliki, maka semakin besar pula kemungkinan selulit akan muncul.

Pasalnya, saat sel-sel lemak menumpuk, itu akan mendorong kulit sebelum ditarik kembali ke bawah oleh tali penghubung yang kuat antara lapisan luar kulit dan lemak di bawahnya.

Untungnya, sel-sel lemak yang menumpuk tersebut dapat dikurangi dengan rutin melakukan olahraga termasuk olahraga lari. Dengan berlari secara teratur, sel-sel lemak akan menyusut, kulit akan mengencang, dan tampilan selulit akan menjadi kurang terlihat.

Baca Juga: Selain Menurunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Zumba untuk Kecantikan Kulit

5. Mengencangkan wajah

Tatkala Anda berlari, akan terjadi peningkatan aliran darah dan oksigen ke wajah yang membantu pergantian sel, menutrisi sel-sel kulit yang sehat, dan meregenerasi sel-sel baru.

Sirkulasi darah yang meningkat juga bisa membuang radikal bebas yang merusak sel dan berkontribusi pada penuaan kulit.

Lari juga dapat menurunkan kadar hormon kortisol dan meningkatkan produksi endorfin yang membantu merilekskan wajah. Dengan berlari, ketegangan di wajah Anda akan berkurang dan itu bisa mencegah tampilan kerutan menjadi semakin dalam.

Itulah 5 manfaat olahraga lari untuk kecantikan. Selalu ingat untuk memakai sunscreen sebelum berlari dan membersihkan wajah setelahnya guna melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan juga jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News