Keluarga

Bikin Kulit Cerah dan Awet Muda, Ini 6 Manfaat Jamur untuk Kecantikan Kulit

Bikin Kulit Cerah dan Awet Muda, Ini 6 Manfaat Jamur untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Catat, yuk! Inilah 6 manfaat jamur untuk kecantikan kulit.

Penelitian menunjukkan, jamur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Secara tradisional, ekstrak jamur sudah lama digunakan untuk mengobati alergi, bronkitis, radang sendi, dan penyakit lainnya.

Saat dioleskan ke kulit atau dikonsumsi, jamur dinilai mampu memberikan keajaiban bagi kulit.

Melansir situs oladoc.com, berikut 6 manfaat jamur untuk kecantikan kulit mulai dari mencerahkan hingga membuat kulit tampak awet muda:

Baca Juga: Pahami 4 Kesalahan Memakai Moisturizer yang Harus Anda Hindari

1. Memperbaiki kulit

Jamur mengandung beta-glucan atau gula alami yang memiliki sifat antioksidan. Termasuk zat yang menenangkan, beta-glucan dapat membantu menenangkan kulit kering dan gatal.

Beta-glucan juga bisa memperbaiki kemerahan dan tanda-tanda lainnya yang berkaitan dengan kulit sensitif serta mempercepat penyembuhan luka dan bekas luka.

Selain beta-glucan, jamur juga mengandung polisakarida yang melembabkan kulit, merangsang produksi kolagen, dan meningkatkan elastisitas kulit.

2. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Jamur menawarkan manfaat anti-aging yang dapat membantu mengatasi kerutan, garis halus, dan tanda penuaan lainnya.

Manfaat anti-aging ini berasal dari banyaknya kandungan antioksidan dalam jamur yang membantu memerangi kerusakan sel kulit secara teratur.

Salah satu jamur yang populer untuk memperlambat proses penuaan pada kulit adalah jamur reishi.

3. Mengurangi inflamasi kulit

Tak hanya anti-aging, jamur juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan pada kulit.

Untuk memanfaatkan khasiat anti-inflamasi tersebut secara maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsi jamur yang mengandung lebih banyak polisakarida, terpenoid, dan senyawa fenolik seperti jamur chaga.

Baca Juga: Resep Awet Muda, Coba Rutin Lakukan 5 Kebiasaan Ini Saja

4. Mencerahkan kulit

Jamur tertentu dapat mengurangi kandungan melanin dan menghambat produksi melanin yang berkembang akibat hiperpigmentasi. Beberapa jenis jamur juga mengandung kojic acid atau zat pencerah alami.

Contoh jamur yang bisa Anda pilih untuk membantu mencerahkan kulit adalah jamur shitake.

Selain mencerahkan, jamur shitake juga mengandung banyak antioksidan yang efektif untuk melawan tanda-tanda penuaan.

5. Mendetoksifikasi kulit

Jamur memiliki sifat detoksifikasi yang dapat membersihkan tubuh. Saat racun dalam tubuh menghilang, itu akan membuat kulit tampak lebih bersih lantaran kesehatan kulit dimulai dari dalam tubuh.

Jamur yang dihaluskan sampai menjadi pasta lalu diaplikasikan ke wajah bisa membantu mengelupas dan menyingkirkan sel-sel kulit mati.

Jika Anda tertarik untuk memasukkan pasta jamur ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda, pastikan untuk tidak menggunakannya lebih dari 2 kali seminggu karena berpotensi merusak kulit.

6. Menghidrasi kulit

Banyak jamur mengandung polisakarida yang membantu menghidrasi kulit sekaligus menjaga tampilan kulit tetap halus dan kenyal.

Jamur reishi, khususnya, sangat bagus dalam hal ini karena mengandung beta-glucan yang membantu mengurangi kulit kering atau gatal sehingga bermanfaat untuk kulit yang lebih sensitif.

Beberapa jamur juga mengandung banyak vitamin D yang mampu memberikan keajaiban bagi kulit terutama jika Anda cenderung kekurangan vitamin D.

Itulah 6 manfaat jamur untuk kecantikan kulit yang sayang untuk Anda lewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News