Keluarga

Bikin Donat Lebih Sehat, Ini Dia 5 Tips Masak Donat Anti Berminyak

Bikin Donat Lebih Sehat, Ini Dia 5 Tips Masak Donat Anti Berminyak

MOMSMONEY.ID - Sedang berusaha kurangi konsumsi minyak berlebih tapi ingin tetap bisa ngemil aneka makanan bergoreng seperti donat? Mari ikuti sederet tips masak donat anti berminyak berikut ini.

Donat identik dengan minyak. Sebab, donat rata-rata digoreng dalam minyak banyak agar adonannya bisa mengembang dengan baik.

Meski begitu, ada cara yang bisa Anda lakukan agar donat tak berminyak. Melansir dari Pondan, berikut tips masak donat anti berminyak selengkapnya:

Baca Juga: Tips Menyimpan Aneka Buah dan Sayuran Agar Awet, Ada yang Tak Bisa Digabung!

Adonan tak boleh pecah

Agar masak donat jadi sempurna tanpa takut terlalu berminyak, maka hal yang harus dilakukan adalah membuat adonan yang sempurna.

Adonan yang sempurna adalah adonan donat yang tertutup rapat tanpa adanya retakan atau pecahan apapun.

Soalnya, adonan yang retak dapat menyebabkan minyak masuk dan terserap ke dalam donat. Ini membuat donat jadi lebih berminyak.

Harus mengembang sempurna

Melansir dari Sajian Sedap, adonan donat harus mengembang sempurna saat proses fermentasi terjadi. Jika tidak, donat berpotensi jadi bantet.

Donat yang bantet akan lebih banyak menyerap minyak. Jadi, biarkan donat mengembang dengan baik selama setidaknya 30 menit.

Goreng di api kecil

Donat Kampung

Baca Juga: Punya Peralatan Masak Berbahan Kayu? Simak 6 Tips Membersihkannya

Tips masak donat agar tak terlalu berminyak, maka perhatikanlah tahapan penggorengan.

Saat menggoreng donat, usahakan memakai api kecil. Mengutip dari Kompas, Chef Nurroji dari Artotel Thamrin Jakarta mengatakan, donat yang digoreng dalam api besar dapat membuat donat jadi mudah hangus.

Pilih minyak yang tepat

Agar masak donat anti berminyak, maka gunakanlah minyak yang tepat. Direkomendasikan untuk menggunakan jenis minyak padat. Minyak padat adalah jenis minyak yang bentuknya padat.

Namun, tak masalah jika ingin tetap menggoreng menggunakan jenis minyak cair. Hanya saja, donat mungkin terasa akan lebih berminyak.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Simpan Beras Supaya Bebas Kutu, Moms Wajib Tahu!

Minyak harus panas

Ingin masak donat anti berminyak? Maka minyak untuk menggoreng harus dalam keadaan panas. Suhu idealnya adalah sekitar 170 derajat Celcius.

Apabila Anda menggoreng donat lebih awal saat kondisi minyak belum panas sempurna, maka minyak akan terserap ke dalam bagian dalam adonan donat.

Itulah sederet tips masak donat anti berminyak yang bisa bermanfaat untuk Anda. Mari kurangi konsumsi minyak berlebih dengan terapkan cara-cara di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News