Keluarga

Bikin Cepat Rusak, Jangan Cuci Jenis Pakaian Ini di Mesin Cuci!

Bikin Cepat Rusak, Jangan Cuci Jenis Pakaian Ini di Mesin Cuci!

MOMSMONEY.ID - Mesin cuci adalah salah satu alat elektronik yang sangat umum dijumpai di rumah-rumah, terutama di wilayah perkotaan.

Fungsinya jelas, yaitu untuk memudahkan penghuni rumah mencuci pakaian dalam jumlah yang banyak. Anda pun bisa membiarkan mesin cuci bekerja sambil melakukan hal lainnya di rumah.

Walaupun sangat bermanfaat untuk mencuci pakaian, ternyata tidak semua jenis pakaian cocok dicuci di dalam mesin cuci, lo. Jika dipaksa, baik pakaian maupun mesin cuci tersebut bisa rusak. Sayang, kan?

Jadi, ada baiknya Anda mengenali jenis-jenis pakaian yang sebaiknya tidak dicuci dengan mesin cuci. Dirangkum dari The Spruce, Realtor, dan Cincinnati.com, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Memakai Mesin Cuci, Stop Mulai Sekarang!

Baju renang

Baju renang memang didesain untuk digunakan di dalam air. Namun, bukan berarti baju renang bisa dicuci di dalam mesin cuci.

Mengapa? Sebab, mekanisme di dalam mesin cuci saat membersihkan pakaian bisa membuat baju renang menjadi melar dan mudah rusak. Jadi, lebih baik cuci baju renang secara manual menggunakan tangan.

Baju dengan glitter, payet, atau manik-manik

Baju “cantik” yang dipenuhi dengan pernak-pernik seperti glitter, payet, atau manik-manik sebaiknya tidak dicuci di dalam mesin cuci karena pernak-pernik tersebut bisa terlepas dan rusak, sehingga mengurangi tampilan baju.

Selain itu, jika manik-manik atau payetnya ditempelkan dengan lem, panas dan gerakan dari dalam mesin cuci bisa mengurangi kerekatan lem dan membuatnya lepas dari baju dengan mudah.

Baju dengan ritsleting atau kancing

Pada dasarnya, baju dengan ritsleting atau kancing masih bisa dicuci dengan mesin cuci. Hanya saja, pastikan Anda mencucinya dengan benar supaya tidak mudah rusak.

Sebagai contoh, jangan biarkan ritsleting pakaian terbuka karena gigi-giginya bisa merusak pakaian lain dan bagian dalam mesin cuci. Sementara itu, buka kancing pakaian supaya lubang kancingnya tidak mudah rusak saat dicuci.

Baca Juga: Bekas Stiker di Kaca dan Cermin Susah Hilang? Coba Lakukan 3 Cara Ini!

Baju berbahan kulit

Jika Anda punya baju berbahan kulit, hindari mencucinya di dalam mesin cuci. Sebab, mekanisme di dalam mesin cuci akan membuat bahan kulit tersebut mengelupas dan berkerut, sehingga merusak tampilan kulit tersebut.

Sebaiknya, jika Anda ingin mencuci baju berbahan kulit, cucilah secara manual dengan lembut. Atau, bawa langsung ke laundry yang menyediakan jasa mencuci baju kulit supaya ditangani secara profesional.

Baju yang kotor karena bulu hewan

Bagi pemilik hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, keberadaan bulu-bulu hewan yang menempel di pakaian rasanya bukan sesuatu yang asing.

Hati-hati saat mencuci pakaian yang penuh dengan bulu hewan, sebab bulu tersebut bisa menggumpal dan menyumbat saluran air di mesin cuci. Sebaiknya, gunakan lint roller untuk menyingkirkan sebanyak mungkin bulu hewan sebelum memasukannya ke dalam mesin cuci.

Itulah beberapa jenis pakaian yang sebaiknya tidak dicuci dengan mesin cuci. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News