Keluarga

Bikin Bayi Keracunan, 7 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Selama Menyusui

Bikin Bayi Keracunan, 7 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Selama Menyusui

MOMSMONEY.ID - Dalam fase menyusui, ada banyak pantangan yang tak boleh dilakukan, salah satunya jenis makanan.

Deretan makanan ini terbukti tak boleh dikonsumsi selama menyusui karena akan menyebabkan banyak hal. Mulai dari keracunan, mengganggu sistem pencernaan, hingga sebabkan kehamilan merupakan deretan akibat jika melanggar hal ini.

Untuk para ibu menyusui, mari simak makanan-makanan yang tak boleh dikonsumsi selama menyusui yang dilansir dari Times of India dan Very Well Family,

Kafein

Minum kopi

Kafein seperti kopi dan teh tak boleh dikonsumsi selama menyusui. Kafein yang dikonsumsi ibu menyusui, berapapun jumlahnya, akan berpindah ke bayi melalui ASI.

Bayi yang belum memiliki metabolisme secara sempurna akan mengalami beberapa gejala khas kafein seperti gelisah, sulit tidur, dan lekas marah.

Asupan kafein juga justru akan membuat bayi jadi dehidrasi. Jadi sebaiknya hindari makanan & minuman yang mengandung kafein.

Baca Juga: 8 Bahan Alternatif Pengganti Madu yang Punya Rasa Mirip, Ada Sirup Maple-Jaggery

Sayuran mentah

Sayuran mentah seperti kol, tomat, hingga brokoli, tak boleh dikonsumsi selama menyusui.

Ada 2 hal besar penyebabnya. Pertama, karena sayuran mentah sulit dicerna dan membuat pencernaan bayi jadi tak nyaman akibat gas dalam perut.

Kedua, karena sayuran mentah masih mengandung bakteri ataupun pestisida berbahaya yang bisa ditransfer melalui ASI.

Seafood

Tuna

Moms penggemar berat seafood? Jika ya, perhatikan sejenak. Ada jenis makanan laut tertentu yang boleh dan tak boleh dikonsumsi selama menyusui.

Jenis seafood yang tak boleh dikonsumsi di antaranya adalah yang mengandung merkuri dalam jumlah tinggi seperti ikan todak, makarel, tuna, dan tilefish.

Terlalu banyak merkuri yang tak sengaja dikonsumsi akan membahayakan bayi. Paparan jangka panjang akan membuat bayi keracunan dan memengaruhi otak, ginjal, dan sistem saraf dan berefek mematikan.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Jagung Terasa Manis, Perhatikan Cara Simpannya yang Tepat

Merkuri terutama memiliki efek yang lebih besar apabila terkena bayi sejak di dalam wahim maupun melalui ASI. Merkuri menyebabkan bayi mengalami hambatan dalam bergerak, berbicara, ingatan, hingga perhatian.

Adapun jenis seafood yang masih boleh dikonsumsi ibu menyusui selama 2-3x sehari seperti salmon, udang, kepiting, tiram, nila, dan kerang.

Gorengan

Gorengan dan semua jenis makanan yang digoreng (meliputi juga junk food) tak boleh dikonsumsi selama masa menyusui. Makanan-makanan ini mengandung lemak jenuh tinggi dan nutrisi yang sangat rendah.

Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah ibu dan membuat ibu menyusui berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Meledak hingga Luka Bakar, Ini 6 Makanan yang Tak Boleh Dimasukkan dalam Microwave

Daging olahan

Hot Dog Saus Mentai

Ibu menyusui wajib hentikan mengonsumsi daging olahan, betapapun sukanya.

Daging olahan seperti bacon, hot dog, sosis, daging asap, daging kalengan, nugget, hingga patty hamburger merupakan deretan daging yang harus dihindari.

Daging-daging ini memiliki kandungan lemak jenuh dan garam yang tinggi. Terlalu banyak garam dapat menyebabkan tubuh ibu serta bayinya jadi menahan air. Air ekstra membuat ginjal bekerja lebih keras, dan seiring waktu dapat menyebabkan pembengkakan dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Penyebab Mata Jadi Berair Saat Mengiris Bawang dan Cara Mengatasinya

Makanan manis tinggi kalori

Tak masalah jika Anda suka makanan manis. Namun hindari mengonsumsinya terlalu banyak.

Makanan seperti dessert, permen, hingga cokelat dapat memengaruhi kesehatan ibu seperti diabetes, mudah lelah, dan mudah naik berat badan.

Sebuah penelitian yang dilansir Very Well Family menyebutkan bahwa makanan yang dikonsumsi ibu akan menambah rasa pada ASI yang dihasilkan. Bahkan biasanya bayi cenderung lebih menyukai rasa dari makanan tersebut di kemudian hari.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menyimpan Telur yang Baik? Moms Wajib Ikuti 5 Tips Ini

bbopkki permen karamel

Rempah-rempah

Rempah-rempah tak selalu baik untuk tubuh, terutama untuk ibu menyusui. Ada juga deretan rempah yang sebaiknya tak dikonsumsi selama menyusui.

Rempah seperti peppermint, sage, rosemary, dan peterseli dianggap dapat mengurangi suplai ASI jika dikonsumsi terlalu banyak.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi bawang putih, adas, hingga jahe. Rempah & bumbu ini dinilai aman dan bisa menambah rasa pada ASI yang dihasilkan.

Demikian deretan jenis makanan yang tak boleh dikonsumsi selama menyusui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News