Santai

Bikin Bangga, 5 Film Indonesia Ini Berhasil Dapat Penghargaan Internasional, Loh!

Bikin Bangga, 5 Film Indonesia Ini Berhasil Dapat Penghargaan Internasional, Loh!

MOMSMONEY.ID - Perfilman Indonesia semakin dikenal di dunia internasional. Beberapa film karya sutradara Indonesia dan tentu saja dibintangi oleh artis artis Indonesia telah menorehkan prestasi dalam dunia perfilman.

Dunia perfilman Indonesia masa kini telah berkembang menjadi sektor yang turut menyumbang talenta-talenta hebat.

Dengan mengangkat kehidupan dan kebudayaan Indonesia, beberapa film Indonesia ini berhasil go internasional.

Berikut ini adalah beberapa judul film kebudayaan Indonesia yang berhasil  meraih penghargaan internasional.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film Biografi Terbaik Indonesia di Netflix, Cocok Ditonton saat 17-an!

Pengabdi Setan

Film karya sutradara Joko Anwar ini merupakan film remake dari judul serupa. Pengabdi Setan merupakan film dengan genre horror yang meraih popularitas dan animo tinggi baik di dalam dan luar negeri.

Dengan membawa budaya Indonesia dalam film horror, film Pengabdi Setan ini sukses meraih penghargaan sebagai film horror terbaik pada ajang Toronto After Dark Film Festival dan Overlook Film Festival.

Yuni

Yuni merupakan film yang ditulis dan disutradarai oleh Kamila Andini. Film ini berhasil memenangkan penghargaan Platform Prize dalam ajang Festival Film Internasional Toronto tahun 2021 silam. Film

Yuni juga berhasil tayang secara perdana di ajang Busan International Film Festival (BIFF). Di dalam negeri bahkan film Yuni juga berhasil memenangkan kategori pemeran utama wanita terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2021.

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

Film Indonesia lainnya yang juga berhasil mendapatkan penghargaan Internasional adalah film karya sutradara Edwin.

Film yang diadaptasi dari novel karya Eka Kurniawan ini berhasil mendapat penghargaan International Golden Leopard di Locarno Internasional Film Festival. Bahkan film ini juga telah masuk dalam proses seleksi resmi Contemporary World Cinema di Toronto Internatioan Film Festival (TIFF) 2021.

Baca Juga: Cocok Ditonton saat 17-an, Ini 5 Rekomendasi Film tentang Pahlawan dan Kemerdekaan RI

Laskar Pelangi

Di sutradarai oleh sutradara kenamaan Riri Reza, film yang diadaptasi dari buku karya Andrea Hirata ini juga menjadi film terlaris pada saat peluncurannya di tahun 2008.

Menceritakan kehidupan nyata pendidikan di Indonesia, tepatnya di daerah terpencil di Belitung, film ini berhasil memenangkan penghargaan pada ajang Hong Kong International Film Festival pada tahun 2009. Selain itu film ini juga masuk dalam nominasi pada ajang Asian Film Awards dan Udine Far East Film Festival.

Marlina si Pembunuh Dalam Empat Babak

Tak mendapatkan banyak layar dalam bioskop dalam negeri tak membuat film karya sutradara Mouly Surya ini menjadi tenggelam. Malah meraih popularitas di kancah film internasional, film ini berhasil mengumpulkan 19 kemenangan dan 26 kali masuk nominasi penghargaan internasional.

Marlina si Pembunuh Dalam Empat Babak, mendapatkan penghargaan Best Cinematography pada ajang Asia Pasific Film Festival di tahun 2018. Selain itu film ini juga berhasil masuk menjadi nominasi pada ajang Cannes Film Festival hingga Rotterdam Internasional Film Festival.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News