HOME, Keluarga

Bibir Pecah-Pecah, Atasi dengan Cara Ini

Bibir Pecah-Pecah, Atasi dengan Cara Ini

MOMSMONEY.ID - Bibir kering dan pecah-pecah pasti terasa tidak nyaman dan tidak sedap untuk dipandang. Bibir pecah-pecah atau disebut juga Cheilitis dapat terjadi karena beberapa hal seperti cuaca, dehidrasi, kebiasaan menjilat bibir, menggunakan produk bibir yang mengandung bahan-bahan bersifat mengeringkan, kebiasaan merokok, hingga obat-obatan.

Tak perlu risau, MomsMoney memiliki cara yang bisa Moms terapkan untuk mengatasi bibir pecah-pecah yang telah dirangkum dari Medical News Today sebagai berikut:

1. Gunakan lip balm yang tepat

Lip balm merupakan produk yang sangat membantu untuk melembabkan bibir. Hanya sekali oles, bibir yang kering dan pecah-pecah pun akan lembab dengan seketika.

Baca Juga: Bibir Cantik! Ketahui 4 Urutan Lip Care Routine Ini

Meskipun demikian, beberapa kandungan pada lip balm justru ada yang bersifat mengeringkan. Supaya tidak semakin kering dan memperparah pecah-pecah pada bibir, sebaiknya Moms hindari lip balm yang mengandung menthol, kamper, fenol, dan lip balm yang memiliki aroma.

Moms bisa memilih lip balm yang mengandung bahan-bahan menenangkan dan melembabkan seperti petroleum, lanolin, beeswax, dan ceramide.

2. Coba bahan-bahan alami

Selain memanfaatkan produk bibir yang dijual di pasaran, Moms juga sangat bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah untuk menenangkan dan melembabkan bibir pecah-pecah.

Adapun, beberapa bahan alami yang bisa Moms manfaatkan adalah sebagai berikut:

  • Lidah buaya. Gel lidah buaya mengandung vitamin, mineral, antioksidan, serta bersifat anti-inflamasi sehingga bisa menenangkan sekaligus merehidrasi kulit bibir yang rusak.
  • Minyak kelapa. Minyak kelapa mampu memerangi peradangan serta merupakan emolien yang berguna untuk menenangkan dan melembutkan kulit bibir.
  • Madu. Madu memiliki sifat melembabkan sehingga menjadikannya sebagai perawatan yang baik untuk bibir kering. Selain itu, kandungan antioksidan dan sifat anti-bakteri pada madu juga mampu membantu untuk mencegah perkembangan infeksi di bibir yang kering atau pecah-pecah.
  • Mentimun. Mentimun memiliki kemampuan melembabkan bibir secara lembut serta mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan penampilan bibir.
  • Teh hijau. Kaya akan antioksidan dan mineral, teh hijau juga mengandung polifenol yang mampu mengurangi peradangan. Seduh sekantung teh hijau dengan air hangat lalu gosokkan secara lembut ke bibir. Metode ini berguna untuk melembutkan dan menghilangkan kulit kering berlebihan pada bibir.

3. Eksfoliasi bibir

Bukan hanya wajah yang butuh eksfoliasi, bibir pun membutuhkannya. Bibir yang pecah-pecah diselimuti lapisan kulit kering yang dapat menghalangi masuknya bahan penyembuh pada lip balm ke area bibir yang tepat. Supaya penggunaan lip balm menjadi maksimal, maka eksfoliasi bibir sangat diperlukan.

Moms dapat menggunakan lip scrub yang sudah jadi atau membuatnya sendiri dengan mencampurkan 1 sendok makan gula pasir, beberapa tetes madu, setengah sendok makan petroleum jelly, dan minyak zaitun atau minyak kelapa secukupnya.

4. Minum air yang cukup

Dehidrasi adalah penyebab utama bibir pecah-pecah. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan menarik air dari area tertentu untuk memastikan sel tetap terhidrasi. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan pada kulit termasuk bibir.

Oleh sebab itu, minum air secara cukup penting untuk dibiasakan setiap harinya supaya tubuh tidak kekurangan cairan. Seperti yang kita ketahui, minum 8 gelas per hari sangat dianjurkan.

Meskipun begitu, kebutuhan air masing-masing individu harus disesuaikan dengan faktor usia, jenis kelamin, serta tingkat aktivitas fisik seseorang.

5. Hindari merokok

Asap tembakau yang dihasilkan dari rokok dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar bibir sehingga bisa menyebabkan bibir mengering dan menjadi lebih mudah pecah-pecah. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan masalah lain pada mulut seperti sariawan dan nyeri gusi.

Dengan berhenti merokok, maka bibir yang pecah-pecah akan hilang dengan segera saat kulit bibir perlahan sembuh.

Moms, selagi bibir masih sehat, selalu ingat untuk menjaganya dengan baik ya. Kurangilah kebiasaan-kebiasaan yang dapat memperburuk kondisi kulit bibir seperti menyentuh, menjilat, menggigit, atau menarik bibir.

Untuk mencegah bibir pecah-pecah, moms bisa menggunakan produk bibir yang mengandung tabir surya, menghindari produk bibir beraroma dan produk bibir yang mengandung alergen, eksfoliasi secara teratur, melakukan hidrasi yang cukup, serta tidak merokok.

Selanjutnya: Ketahui Manfaat Es Batu yang Baik Bagi Wajah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News