AturUang

Biaya Transportasi Anak Sekolah yang Wajib Anda Alokasikan Secara Khusus

Biaya Transportasi Anak Sekolah yang Wajib Anda Alokasikan Secara Khusus

MOMSMONEY.ID -  Sudah hampir sebulan anak kembali ke sekolah. Mau tak mau ada biaya-biaya yang sebelumnya tidak dikeluarkan saat sekolah online, kini harus dikeluarkan. 

Salah satu biaya yang perlu dianggarakan adalah transportasi.  Menurut Andy Nugroho, perencana keuangan Advisors Alliance Group Indonesia biaya transportasi ini merupakan komponen yang bisa dibilang mau tidak mau harus kita penuhi. Maka kita sebagai orang tua pun harus menyisihkan budget untuk biaya ini. 

Apabila budget untuk biaya transportasi anak tidak ada, saran Andy sebaiknya mengurangi dari  biaya untuk bersenang - senang seperti untuk wisata, ataupun jajan makanan - minuman diluar kebutuhan pokok.

"Selain itu juga kurangi atau tahan dulu keinginan untuk belanja pakaian ataupun kebutuhan lainnya bila dirasa belum benar - benar urgent diperlukan," kata Andy. 

Baca Juga: Begini Merancang Keuangan untuk Masa Depan Anak

Agar tetap bisa berhemet, Andy mengatakan salah satu yang bisa dilakukan  dengan mengantarkan sekaligus dalam sekali jalan apabila anaknya lebih dari satu dan waktunya berdekatan.

"Sekalian juga dengan orangtuanya berangkat kerja," kata Andy.

Selain itu bisa juga menggunakan jasa antar jemput anak sekolah.  Apabila anak sudah lebih mandiri, Andy bilang bisa memanfaatkan transportasi seperti angkutan umum maupun bus sekolah.

Sementara, pada kondisi cukup ekstrim. Misalnya saja uang transportnya memang sudah sangat minim maka moda transportasinya bisa diubah semisal menggunakan sepeda. Bisa juga menyiasati degan berangkat bersama  teman yang membawa kendaraan untuk pergi ke sekolah. 

"Namun hal ini tentu dengan konsekuensi kenyamanannya akan sangat berkurang," ungkap Andy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News