HOME, Bugar

Biasakan Bangun Pagi, Banyak Manfaatnya Buat Kesehatan Tubuh

Biasakan Bangun Pagi, Banyak Manfaatnya Buat Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.CO.ID - Anda kesulitan untuk bangun pagi? Mulai sekarang kebiasaan itu harus dirubah. Ternyata, bangun pagi bisa memberikan beberapa manfaat bagi Anda.

Apa saja keuntungannya? Berikut selengkapnya dikutip dari healthline:

Lebih banyak waktu untuk diri sendiri

Bangun lebih awal akan memberi lebih banyak waktu kepada diri sendiri. Apalagi bila Anda tinggal dengan keluarga, mulai anak kecil hingga dewasa.

Waktu ini bisa dimanfaatkan untuk menikmati kopi sambil membaca berita atau sekedar menikmati keheningan yang ada.  Ini akan lebih membantu Anda menghadapi hari yang lebih sibuk.

Baca Juga: Kenali 10 Penyebab Rambut Rontok Pada Remaja

Lebih banyak waktu untuk berolahraga

Bangun pagi menjadi kesempatan bagi Anda untuk berolahraga. Apalagi bila Anda menganggap olahraga sebagai hal yang penting, tetapi sulit mendapatkan waktu yang pas.

Sebagai catatan, manfaat dari olahraga pagi adalah memicu lonjakan endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati, menurunkan stres dan kecemasan serta meningkatkan tenaga Anda.

Waktu di perjalanan lebih singkat

Dengan bangun pagi dan meninggalkan rumah lebih awal bisa membantu Anda menghindari lalu lintas yang biasanya. Perjalanan yang lebih singkat ini tak hanya bisa menghemat waktu dan uang, tetapi juga kesehatan Anda. Pasalnya, berdasarkan penelitian, kemacetan berkaitan dengan stres, depresi, agresi dan kemarahan, serta masalah pernafasan.

Lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan

Bila Anda bangun satu atau dua jam lebih cepat dari biasanya, maka pekerjaan Anda bisa rampung lebih cepat. 

Tidur lebih berkualitas

Berdasarkan penelitian, orang yang bangun lebih awal akan membuat mereka tidur lebih cepat dan bisa mendapatkan waktu tidur yang lebih lama dan kualitas yang lebih baik. Dengan tidur cukup, maka keuntungan yang didapatkan adalah susana hati lebih baik, konsentrasi yang lebih baik, dan kemungkinan menderita obesitas dan penyakit kronis lainnya lebih rendah. Tidur yang lebih baik juga akan membuat Anda lebih berenergi.

Kulit lebih sehat

Kurang tidur tak hanya dapat menyebabkan jerawat dan masalah lain pada kulit seperti munculnya garis halus, kerutan, pucat hingga kelopak mata yang membengkak.

Karenanya, waktu tidur yang lebih baik akan membantu menjaga kulit Anda tetap sehat. Selama tidur, kulit Anda akan beregenerasi, sekaligus meningkatkan sirkulasi darah dan kolagen akan membantu kerusakan akibat sinar UV dan lingkungan.

Tidur lebih awal juga akan akan memberi waktu bagi Anda untuk menerapkan perawatan kulit yang lebih baik.

Mengurangi kantong mata

Dengan tidur lebih awal dan bangun pagi, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada kantong mata. Kantong mata ini tercipta akibat bayangan dari kebengkakan di bawah mata. Penyebab kebengkakan itu lantaran penumpukan cairan karena tidur yang kurang.

Lebih banyak waktu untuk sarapan

Dengan bangun lebih awal di pagi hari akan memberi Anda lebih banyak waktu dan menikmati sarapan. Mengawali hari dengan makanan yang bernutrisi akan membuat anda kenyang lebih lama dan lebih bertenaga untuk ke depannya.

Membantu berkonsentrasi

Saat pertama kali bangun kita cenderung merasa pusing dan bangun. Ini dikarenakan otak Anda tidak bangun begitu Anda terbangun. Ini adalah proses yang biasa, tetapi hal ini bisa berlangsung sekitar satu jam atau lebih. Karenanya, Anda akan lebih sulit untuk berkonsentrasi.

Namun, bila Anda bangun lebih awal akan memberi waktu untuk Anda bangun seutuhnya sehingga Anda bila lebih fokus.

Nah, sekarang mau bangun lebih pagi?

Selanjutnya: Stres Bisa Mendatangkan Penyakit, Kenali Tanda-Tandanya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News