CLOSE [X]
ads

Besok Fenomena Planet Sejajar, Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang!

Reporter: Christ Penthatesia
Kamis, 23 Juni 2022 | 09:19 WIB
Besok Fenomena Planet Sejajar, Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang!

ILUSTRASI. Fenomena Planet Sejajar atau Parade Langit, dapat disaksikan besok (24/6) dengan mata telanjang sebelum matahari terbit.


MOMSMONEY.ID - Sosial media kembali diramaikan dengan adanya kabar terbaru mengenai fenomena alam yang akan terjadi di antariksa pada minggu ini.

Fenomena lima planet sejajar atau disebut dengan parade langit ini akan muncul kembali pada tanggal 24 Juni 2022 yang hanya bisa terjadi setiap 18-19 tahun sekali.

Pada fenomena parade langit ini, keberadaan lima planet, yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus berada dalam satu garis lurus dengan Bumi.

Baca Juga: Haid Saat Liburan? Tak Perlu Khawatir, Siapkan 4 Barang Ini Sebelum Berangkat!

Sehingga, keberadaan planet-planet tersebut menjadi bisa ditonton secara kasat mata dari Bumi.

Melansir dari laman Earth Sky, fenomena ini bisa dilihat saat pagi hari sebelum matahari terbit. Sehingga waktu yang tepat untuk menyaksikan fenomena parade langit, adalah di waktu pagi hari saat matahari belum terbit.

Posisinya pun juga secara berurutan dari mulai Merkurius yang paling dekat dengan matahari, diikuti dengan Venus yang merupakan planet paling terang, Mars yang berwarna kemerahan, Jupiter yang juga bersinar terang, hingga Saturnus yang mungkin susah untuk dikenali.

Namun tak perlu khawatir, karena semua planet berada dalam satu garis yang sama, maka kelima planet tersebut dapat dengan mudah ditemukan dan dilihat dengan mata telanjang.

Baca Juga: Ini 4 Tanda High Value Woman, Apakah Anda Termasuk?

Laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyarankan waktu yang tepat untuk menyaksikan fenomena parade langit adalah pada saat subuh atau 72 menit sebelum matahari terbit hingga akhir dari fajar bahari atau sekitar 24 menit sebelum matahari terbit.

LAPAN juga memberikan perkiraan waktu yaitu sekitar pukul 04.30-05.30 pagi adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan fenomena parade langit.

Fenomena planet sejajar atau parade langit ini sudah mulai terbentuk pada tanggal 20 Juni 2022 dan akan berakhir pada 30 Juni 2022.

Selebihnya, LAPAN juga menjelasakan bahwa fenomena parade langit ini juga turut ditambah dengan kehadiran bulan dan juga Uranus. Namun untuk melihat Uranus diperlukan alat bantu seperti teleskop karena ukurannya yang kecil.

Laman Science Focus juga menyatakan bahwa fenomena langka ini, dimana kelima planet berada dalam posisi sejajar, terjadi terakhir kali pada tahun 2004. Fenomena ini baru akan terjadi kembali yang diperkirakan pada tahun 2041.

Sehingga jika memiliki kesempatan, bangunlah pagi hari sebelum matahari terbit untuk menyaksikan fenomena parade langit tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru
TOPIK TERPOPULER