Bugar

Bersifat Antiseptik, Ini Sederet Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Bersifat Antiseptik, Ini Sederet Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut yang perlu Anda ketahui, agar bisa memanfaatkannya dengan tepat.

Daun sirih sudah dikenal masyarakat luas sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. 

Sifat antibakteri yang ada di dalam daun sirih dikenal bisa memberikan perlindungan tubuh dari paparan kuman atau bakteri. 

Bukan itu saja, daun sirih juga dipercaya masyarakat bisa menjaga kesehatan area kewanitaan. Selain itu, daun sirih juga mampu menjaga kesehatan area gigi dan mulut. 

Berikut manfaat daun sirih yang bisa Anda rasakan untuk kesehatan gigi dan mulut, yang dikutip dari Web MD, antara lain:  

Baca Juga: Cegah Kanker, Inilah 5 Manfaat Buah Nanas Madu untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan kesehatan gigi

Manfaat daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut yang perlu Anda ketahui pertama adalah meningkatkan kesehatan gigi. 

Daun sirih merupakan salah satu tumbuhan yang dikaitkan dengan penghitam gigi. Daun sirih yang terbuat dari pinang, jeruk nipis, dan daun sirih memiliki khasiat yang hampir sama. 

Manfaat daun sirih ini melepaskan katekolamin yang berinteraksi dengan senyawa yang dilepaskan oleh pinang dan jeruk nipis yang bisa menyehatkan gigi. 

2. Membuat nafas segar

manfaat daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut yang perlu Anda ketahui kedua bisa membuat nafas lebih segar. 

Sifat antibakteri yang ada pada daun sirih membuat tanaman herbal ini mampu mengurangi bakteri dan kuman yang ada pada area gigi dan mulut.  

Anda bisa mengunyah daun sirih yang masih segar dan bersih untuk membunuh bakteri dalam mulut. Ini bisa membuat nafas dan aroma mulut menjadi lebih segar. 

Baca Juga: Ingin Meredakan Vertigo? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini Moms

3. Mengatasi luka pada gigi dan mulut

Manfaat daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut selanjutnya bisa membantu mengatasi luka pada gigi dan mulut.  

Jika Anda mengalami sariawan atau luka pada dalam mulut, kandungan antioksidan dalam daun sirih mampu membuat luka bisa membaik lebih cepat.  

4. Memiliki sifat antiseptik dan antijamur

Manfaat daun sirih juga memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol terutama chavicol. Senyawa ini menawarkan perlindungan ganda dari kuman. 

Berkat hal ini, daun sirih juga digunakan dalam mengobati radang sendi dan orkitis. Sifat anti jamurnya bisa mengatasi infeksi jamur secara instan. 

Dengan mengaplikasikan pasta daun sirih di daerah yang terkena infeksi jamur, maka ini dapat membunuh infeksi tersebut. 

Itulah manfaat daun sirih bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan. Selain daun sirih, Anda bisa menjaga kesehatan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang diperlukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News