AturUang

Berniat Beli Kendaraan Listrik di 2023, Benar-Benar Hitung Biayanya

Berniat Beli Kendaraan Listrik di 2023, Benar-Benar Hitung Biayanya

MOMSMONEY.ID - Jika ingin membeli mobil listrik di tahun yang baru, jangan hanya sekadar ikut-ikutan. Tapi, perhatikan beberapa biaya yang harus Anda siapkan. 

Budi Raharjo, perencana keuangan OneShildt, mengatakan, dari pengamatannya, mobil listrik memang memiliki keunggulan dari sisi biaya bahan bakar.

"Biaya penggunaan listrik dibandingkan dengan kendaraan konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak lebih hemat," ungkapnya. 

Lantas, dari sisi pajak, pemerintah memberikan insentif. Misalnya, biaya surat tanda nomor kendaraa (STNK) lebih murah dari kendaraan konvensional.

Baca Juga: Kenali Jenis Mobil Listrik Sebelum Memutuskan Membeli

Begitu pula dari sisi perawatan, kendaraan listrik tidak banyak bagian mesin yang bergerak. Dengan begitu, tidak banyak membutuhkan perawatan seperti ganti oli. 

Semua kelebihan itu memang menjadikan kendaraan listrik menarik untuk Anda miliki. Namun, Budi mengingatkan, biaya awal kendaraan listrik masih relatif mahal, khususnya yang berjenis roda empat.

"Kemudian, yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana dengan harga jual kembalinya? Dan, biaya penggantian baterai apabila usia baterai telah mencapai masanya. Ini juga jadi pertimbangan," kata Budi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News