HOME, Santai

Bermanfaat, Simak 4 Manfaat Kalau Anda Menangis

Bermanfaat, Simak 4 Manfaat Kalau Anda Menangis

MOMSMONEY.ID -  Mengekspresikan emosi bahagia maupun sedih bisa diekspresikan melalui tangisan. Menangis adalah respon alami tubuh untuk mengekspresikan emosi.

Ada dua jenis air mata, yaitu air mata yang keluar karena refleks untuk melindungi mata dan air mata yang keluar sebagai tanda emosi.

Secara ilmiah ternyata menangis memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat baik dari menangis.

Baca Juga: Ada 3 Jenis Air Mata, Ini Fungsinya

Menenangkan jiwa

Menangis tentunya memiliki manfaat yang baik untuk menenangkan jiwa. Seperti yang dilansir dari laman Health Line, menurut penelitian, menangis bisa mengaktifkan Parasymphatetic Nervous System (PNS).

PNS dapat membantu tubuh untuk merasa rilex. Selain itu PNS juga membantu tubuh untuk beristirahat dan merasa lega. Walaupun memerlukan waktu menangis yang lama sebelum merasakan manfaat ini.

Membantu meredakan rasa sakit

Selain memberikan rasa lega dan menenangkan jiwa, menangis juga membantu tubuh untuk meredakan rasa sakit. Melansir dari Medical News Today, menangis melepaskan hormon oxytocin dan endorphin. 

Kedua hormon bahagia ini bisa membantu tubuh untuk meredakan rasa sakit baik secara fisik maupun psychological. Kedua hormon tersebut juga mampu membuat tubuh untuk menjadi lebih tenang. 

Baca Juga: Urine Anda Berwarna? Kenali Kesehatan Tubuh Melalui Warna Urine

Mengembalikan emosi yang seimbang

Emosi kesedihan maupun kebahagiaan terkadang menjadi dominan dan menyebabkan seseorang menangis. Dengan menangis ternyata bisa membantu tubuh untuk kembali menyeimbangkan emosi. 

Selain itu menangis juga bisa membantu untuk memperbaiki mood karena adanya keseimbangan emosi yang dihasilkan dari menangis.

Meredakan stress

Ketika seseorang menangis, maka orang tersebut akan mengeluarkan air mata. Air mata ternyata mengandung banyak cairan termasuk di dalamnya adalah hormon stress dan cairan lainnya.

Menangis bisa membantu meredakan stress yang menumpuk di tubuh. Peneliti juga mempercayai bahwa menangis mampu mengurai jumlah cairan di tubuh termasuk hormon stress dan cairan lainnya. 

Selanjutnya: Hustle Culture, Budaya Gila Kerja yang Bisa Mengancam Kesehatan Mental

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News