HOME, Santai

Bermanfaat! Ini Sederet Keuntungan Mengambil Gap Year!

Bermanfaat! Ini Sederet Keuntungan Mengambil Gap Year!

MOMSMONEY.ID - Istilah gap year adalah istilah yang menjelaskan sebuah fase yang terjadi di antara masa peralihan dari SMA ke dunia kuliah.

Menurut Gap Year Assosiation, biasanya fase ini digunakan selama setahun atau lebih untuk mempelajari dan menambah pengalaman praktik. Tujuannya adalah untuk memperdalam pengalaman sebelum masuk ke dunia kuliah.

Gap year sendiri ternyata memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan siapa pun yang mengambil kesemmpatan tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat gap year.

Baca Juga: Ingin Langgeng LDR? Berikut Ini Beberapa Tipsnya, Simak Yuk!

Istirahat dari rutinitas

Gap year tak hanya bisa dilakukan bagi siswa-siswi yang belum mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan. Gap year juga bisa dilakukan oleh orang-orang yang bekerja juga.

Laman Gap Force menjelaskan bahwa mengambil kesempatan untuk melakukan gap year bisa membantu seseorang untuk melepas penat sejenak dari rutinitas bekerja maupun sekolah. Sehingga diharapkan ketika selesai, bisa merasakan semangat lebih dalam menjalani rutinitas.

Mendapat pengalaman kerja

Kesempatan untuk melakukan gap year tentunya bisa digunakan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman kerja. Pengalaman kerja tersebut nantinya juga bisa dijadikan pengalaman kerja di laman CV.

Selain menambah daftar pengalaman kerja pada CV, bekerja pada masa gap year juga bisa dilakukan untuk mendalami kehidupan dunia kerja dan bersosialisasi dengan orang-orang di lingkungan kerja.

Baca Juga: Jangan Bingung! Ini Jangka Waktu Isolasi Mandiri Pasien Omicron hingga Sembuh

Melihat dunia baru

Laman Forbes menjelaskan bahwa gap year yang diambil oleh seseorang bisa digunakan untuk melakukan apapun yang menambah pengetahuan termasuk melihat dunia dengan kacamata baru.

Gap year bisa dimanfaatkan untuk mempelajari kultur baru, melakukan pertukaran pelajar, ataupun sekedar mempelajari dunia dengan membaca buku di sebuah klub. Sehingga akhirnya orang-orang yang memutuskan untuk mengambil gap year bisa melihat dunia baru dan memahaminya secara langsung.

Membantu menetapkan tujuan

Gap year juga memiliki manfaat untuk membantu seseorang dalam menentukan tujuan hidup dan hal lain yang ingin dicapai di kehidupannya.

Gap year bisa membantu seseorang untuk bisa lebih yakin dalam menetapkan keinginan dalam hal pekerjaan, menyiapkan pendidikan, dan bahkan tujuan hidup seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News