HOME, Bugar

Berkumur dengan Air Garam, Apa Manfaatnya?

Berkumur dengan Air Garam, Apa Manfaatnya?

MOMSMONEY.ID - Moms, pernah tidak mendapat saran untuk berkumur dengan air garam saat sedang mengalami sakit tenggorokan atau sakit gigi?

Kalau pernah, mungkin Moms bertanya-tanya, sebenarnya apa sih manfaat berkumur dengan air garam? Betulkah bisa mengobati penyakit mulut?

Dilansir dari Healthline, Insider, dan WebMD, MomsMoney sudah merangkum manfaat berkumur air garam yang perlu Moms ketahui. Yuk, simak di bawah!

Baca Juga: Waspada Alergi Dingin yang Tak Disadari Terjadi pada Tubuh Anda

Apa itu berkumur dengan air garam?

Moms pasti sudah akrab dengan cairan mouthwash yang banyak dijual di pasaran. Air garam bisa digunakan sebagai pengganti cairan mouthwash tersebut.

Berkumur dengan air garam sebenarnya sudah umum digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan, flu, hingga sakit gigi. Meskipun tidak bisa menyembuhkan 100% seperti obat, namun cara ini dinilai ampuh untuk meringankan gejala-gejala penyakit tersebut.

Jika dibandingkan, berkumur dengan air garam sebenarnya adalah alternatif yang aman dan murah daripada berkumur dengan cairan mouthwash, karena kandungannya tidak terlalu keras dan bahannya lebih mudah didapat.

Apa manfaat berkumur dengan air garam?

Ternyata, berkumur dengan air garam punya beberapa manfaat lo, Moms. Di antaranya:

  • Mengurangi radang tenggorokan dan melegakan jalur pernapasan.
  • Mencegah infeksi saluran pernapasan atas.
  • Mengurangi bakteri jahat di mulut.
  • Mengurangi nyeri akibat sakit gigi.

Nah, kira-kira kenapa ya air garam bisa seampuh itu dalam menangani permasalahan kesehatan mulut?

Garam sendiri punya sifat menarik cairan, Moms. Jadi, ketika kita berkumur dengan air garam, kandungan garamnya akan menarik cairan dari jaringan yang ada di dalam mulut, termasuk virus dan bakteri.

Garam yang terkandung dalam larutan berkumur tersebut juga akan membentuk lapisan perlindungan di dalam mulut. Gunanya, untuk mencegah virus dan bakteri kembali, serta mengurangi peluang terjadinya infeksi di mulut dan tenggorokan.

Baca Juga: Fakta Gejala Covid-19 Happy Hypoxia yang Tak Disadari

Bagaimana cara berkumur dengan air garam?

Sesimpel namanya, Moms hanya tinggal mencampurkan ¼ sampai ½ sendok teh garam dengan satu gelas air. Air yang digunakan boleh air hangat atau dingin, tergantung kesukaan Moms. Namun, air hangat lebih disarankan karena garam akan larut lebih baik.

Setelah larutannya siap, Moms bisa mulai berkumur dari bagian belakang mulut yang dekat dengan tenggorokan. Setelah itu, lanjutkan dengan berkumur di seluruh bagian mulut. Jika sudah, tinggal ludahkan.

Oiya Moms, walaupun berkumur dengan air garam ini banyak manfaatnya bagi kesehatan mulut, sebaiknya Moms tidak sering-sering melakukannya, ya. Soalnya, sifat garam yang menarik air bisa menyebabkan Moms mengalami dehidrasi. Setidaknya, lakukan selama dua kali sehari.

Gimana Moms, sekarang sudah lebih tahu soal berkumur dengan air garam, kan? Selamat mencoba, ya!

Selanjutnya: Sering Nyeri Saat Haid? Begini Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News