HOME, AturUang

Berkomitmen Childfree? Tetap Pikirkan Ahli Waris

Berkomitmen Childfree? Tetap Pikirkan Ahli Waris

MOMSMONEY.ID - Bagi pasangan yang memutuskan tidak memiliki anak, perlu dipikirkan kepada siapa harta Anda diwariskan.

Aryawan Eko, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi, menjelaskan, sebaiknya Anda dapat memahami maksud dari hibah, wasiat, dan waris. Hibah berarti memberikan harta Anda kepada pihak lain, di mana transfer kepemilikan terjadi saat Anda masih hidup.

Wasiat artinya memberikan harta Anda kepada pihak lain, di mana transfer kepemilikan terjadi saat anda sudah wafat. Adapun  waris perpindahan harta yang terjadi ketika Anda sudah wafat.

"Perlu dipikirkan untuk hibah dan wasiat kepada badan keagamaan, wakaf, dan lembaga yang akan menampung Anda di masa tua," kata Eko.

Apabila tidak membuat hibah atau wasiat, maka saat meninggal harta Anda akan terwariskan kepada pasangan, ayah dan ibu dan saudara sedarah.

Sementara itu Prita Ghozi, perencana keuangan ZAP Financial, mengatakan, terlepas dari  keberadaan anak, rencana waris  sebaiknya tetap dilakukan.

Karena hal ini berhubungan dengan keinginan si pemilik harta, mau diapakan hartanya kelak. Apakah akan diwariskan ke keluarga? Atau mau diwakafkan? Atau seperti apa? 

"Tanpa ada kejelasan, maka potensi menimbulkan konflik keluarga atau harta yang tak terurus karena nilai aset besar dan keluarga tidak sanggup membayar pajak atau kewajiban lainnya," kata Prita.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News