HOME, InvesYuk

Berisiko Tinggi, Selalu Gunakan Uang "Dingin" Kalau Anda Investasi Kripto

Berisiko Tinggi, Selalu Gunakan Uang

MOMSMONEY.ID -  Investasi kripto bersifat high risk - high return. Artinya, adanya volatilitas. Anda bisa mendapatkan keuntungan besar, tapi juga harus siap merugi. Ini sangat berbeda dengan tipe investasi seperti deposito atau reksadana, yang cenderung low risk - low return.

Maka, Jay Jayawijayaningtiyas, Country Manager Luno Indonesia, mengajak masyarakat untuk mempelajari terlebih dulu aset kripto yang akan diinvestasikan dari berbagai sumber.

"Jadi, tidak hanya mengandalkan apa kata orang, sehingga Anda memahami potensi risiko serta manfaatnya," saran Jay.

Sebaiknya, sebagai investor, Anda memahami karakteristik pergerakan harga aset kripto, seperti bagaimana persentase naik dan turun setiap hari/minggu/bulan. Tujuannya agar nanti Anda tidak kaget lagi pada pergerakan harga, saat mulai berinvestasi.

Teguh Kurniawan Harmanda, Ketua Umum Aspakrindo dan Chief Operations Officer (COO) Tokocrypto, sepakat bahwa investasi aset kripto memiliki peluang dan risiko yang tinggi. Maka dari itu, investor maupun trader harus siap mental untuk rugi dan bersikap tidak panik.

Baca Juga: Diet Kentang Ampuh Turunkan Berat Badan, Lihat Aturannya!

Di dunia aset kripto itu, faktanya tidak melulu cuan. Aset kripto adalah salah satu instrumen investasi baru di mana berbagai isu dan pemberitaan yang berkaitan dapat sangat mempengaruhi pergerakan harga. Harga sangat bergantung pada permintaan dan penawaran, sehingga aset ini tergolong sangat fluktuatif.

Jadi, kata Manda, pastikan Anda punya pertimbangan yang matang dalam membuat keputusan jual-beli aset. Investor harus terus mempelajari dokumen whitepaper aset kripto yang diincar.

"Cari tahu, siapa orang di balik koinatau token tersebut, pendirinya siapa, kapan dibuatnya, tujuannya apa, ada tidak legalitasnya, dan fungsinya untuk apa. Jangan mudah tergiur dengan tawaran dengan imbal hasil tinggi," saran dia.

Yang tidak kalah penting, saat membeli aset kripto, sesuaikan dengan kemampuan finansial yang Anda miliki. Ingat pula untuk menggunakan dana idle atau uang dingin yang memang disisihkan untuk investasi. Itu artinya, bukan uang yang akan Anda gunakan dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News