Berikut Tips Untuk Melindungi Data Pribadi Anda

Reporter: Nina Dwiantika
Jumat, 23 September 2022 | 09:04 WIB
Berikut Tips Untuk Melindungi Data Pribadi Anda

ILUSTRASI. Edukasi keuangan yang digelar dalam rangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-70 itu untuk memberi pemahaman kepada istri-istri Korps Polisi tentang jasa keuangan. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/rwa.


MOMSMONEY.ID – Sudahkan Anda menjaga data pribadi perbankan Anda? Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator perbankan mengingatkan bahwa data pribadi sangat penting untuk dijaga lho.

Terutama untuk menjaga keamanan rekening bank agar uang di rekening Anda tidak hilang dan data pribadi tidak disalahgunakan untuk kejahatan. Ngomong-ngomong apa saja yang dimaksud dengan data pribadi perbankan?

Baca Juga: Bunga Deposito BCA dan BNI Terbaru

Yuk moms, simak penjelasan Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae berikut ini :

1.Username dan password aplikasi internet banking dan mobile banking.

2.Personal Indentification Number (PIN) baik itu PIN ATM dan PIN transaksi online.

3.Kode One Time Password (OTP) yang terdiri dari 6 angka yang dikirimkan ke nomor ponsel.

4.Nomor Card Verification Value (CVV) 3 angka di belakang kartu debit atau kartu kredit.

Baca Juga: Ini Bank Yang Tawarkan Bunga di Atas 1%

Jadi data pribadi harus dijaga dan tidak diberitahu ke siapa pun termasuk pihak yang mengaku sebagai petugas bank. Soalnya nih, petugas bank yang asli tidak akan meminta data pribadi ini.

Selain itu, buat nasabah Bank CIMB Niaga, bank ini juga punya tips keamanan bertransaksi di Octo Mobile. Pertama, jangan pernah memberikan informasi pribadi dan rahasia seperti nomor KTP, user ID, PIN, OTP Pin, nomor kartu kredit dan debit, CVV dan CVC.

Kedua, jangan membuat user ID yang mengandung nama, tanggal lahir, nomor berurut atau mudah ditebak orang lain. Ketiga, ganti user id dan PIN secara berkala melalui menu pengaturan dan promosi. Keempat, jangan klik link yang bukan dari website ataupun domain resmi dari Bank CIMB Niaga.

Dan Kelima, harap periksa mutasi rekening Anda secara berkala dan jika menemukan ketidaksesuaian agar segera menghubungi pihak Bank. Salah satunya, kontak Bank CIMB Niaga di 14041.

Baca Juga: Bank UOB dan Sompo Insurance Luncurkan Asuransi Buat UKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nina Dwiantika

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER