AturUang

Berikut Keuntungan Punya Kartu Kredit, Apa Saja?

Berikut Keuntungan Punya Kartu Kredit, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID – Mengelola keuangan memang susah-susah gampang. Nah, salah satu instrumen yang bisa membantu mengatur keuangan Anda adalah kartu kredit. Berikut ini keuntungan punya kartu kredit.

Kartu kredit memungkinkan seseorang meminjam uang dari bank dengan perjanjian akan dibayarkan pada tanggal jatuh tempo. Jika digunakan dengan baik dan bijak, kartu kredit dapat berfungsi sebagai alat keuangan yang bermanfaat.

Seberapa perlu, sih, memiliki kartu kredit untuk mengelola keuangan? Berikut alasan seseorang perlu mempunyai kartu kredit, menurut bagi PT Bank Central Asia Tbk (BCA):

Baca Juga: Cara Buka Rekening SeaBank, Belanja di Shopee Gratis Biaya Top Up

1. Belajar mengelola keuangan

Bagi yang tidak pandai mengatur keuangan, mendata pengeluaran akan menjadi kegiatan yang membingungkan. Namun, dengan menggunakan kartu kredit, siapa pun akan mendapatkan ringkasan lengkap, dan terperinci tentang pengeluaran setiap bulan.

Berbeda ketika menggunakan uang tunai yang mengharuskan pendataan. Penggunaan kartu kredit membantu seseorang melihat anggaran dan pengeluaran yang dipakai.

Hal ini membuat siapa pun lebih mudah mengetahui uang digunakan untuk keperluan apa saja. Penggunaan kartu kredit membantu seseorang bertanggung jawab dan mengelola keuangan secara bijak.

2. Pembayaran dengan cicilan

Untuk merealisasikan barang-barang yang diinginkan, seseorang mungkin memiliki keterbatasan dana, sehingga mengurungkan niat untuk membelinya. Dengan menggunakan kartu kredit, tidak perlu khawatir lagi dengan masalah seperti ini.

Kartu kredit biasanya menawarkan pilihan pembayaran cicilan dari kartu kredit. Dengan begitu, pemilik kartu kredit dapat membeli produk tanpa harus membayar sekaligus dan bisa dibayarkan secara bertahap selama periode waktu cicilan berlangsung.

Baca Juga: Cara Buka Rekening SeaBank, Belanja di Shopee Gratis Biaya Top Up

3. Memudahkan perjalanan liburan ke luar negeri

Bepergian ke luar negeri membutuhkan persiapan yang banyak, salah satunya adalah menukarkan uang asing. Prosesnya cukup merepotkan dan menghabiskan banyak waktu.

Bagi orang yang sibuk dan tidak terbiasa dengan proses tersebut, hal ini akan merepotkan. Kartu kredit menjadi cara yang nyaman dan tergolong aman untuk membayar segala kebutuhan saat di luar negeri.

Dengan begitu, tidak perlu menukarkan uang dan membawa uang tunai dalam jumlah yang besar. Kartu kredit juga memberikan kemudahan valuta asing saat berpergian ke luar negeri dengan tarif yang cukup kompetitif.

4. Lebih untung transaksi dengan kartu kredit

Tidak hanya menjadi pilihan pembayaran yang sangat bermanfaat, tapi juga berfungsi untuk mendapatkan keuntungan. Kartu kredit menawarkan daya beli yang lebih tinggi dan kesempatan untuk mendapatkan hadiah.

Hadiah tidak selamanya berbentuk barang, melainkan cashback, diskon, poin/rewards yang bisa ditukarkan dengan tiket untuk berlibur, hiburan, belanja serta hadiah lainnya. Dengan keuntungan tersebut, pemegang kartu kredit sebetulnya juga lebih berhemat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News