CLOSE [X]
ads

Berikut Ini Penyebab Darah Menggumpal Saat Haid

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 03 Oktober 2021 | 05:10 WIB
Berikut Ini Penyebab Darah Menggumpal Saat Haid

ILUSTRASI. Ketahui Penyebab Darah Menggumpal Saat Haid


MOMSMONEY.ID - Haid memiliki arti penting bagi perempuan, mulai dari indikasi masa kesuburan hingga kesehatan rahim. Tak heran, banyak perempuan yang khawatir jika mengalami keganjilan ketika menstruasi, mulai dari kram di hari pertama hingga darah haid menggumpal. 

Penyebab darah haid menggumpal, normalnya dipengaruhi oleh senyawa antikoagulan yang tidak bekerja optimal. Senyawa ini tidak bisa mengencerkan darah pada saat lapisan rahim meluruh.

Hal inilah yang kemudian membuat darah dikeluarkan dalam bentuk gel dan berwarna merah atau merah tua kecokelatan.  Namun, ada beberapa kondisi yang harus diwaspadai ketika darah haid yang dikeluarkan menggumpal.

Terutama ketika gumpalan darah terus menerus keluar, berukuran besar, dan disertai rasa sakit.  Pada kondisi ini, penyebab darah haid menggumpal tidak lagi normal dan bisa mengindikasikan kondisi kesehatan tertentu.  

Terdapat beberapa penyebab medis yang bisa melatarbelakangi munculnya darah yang menggumpal dari vagina, di antaranya berikut ini. 

Baca Juga: 5 Manfaat Nasi Merah yang Sudah Terbukti Secara Klinis

1. Kanker

Kanker rahim dan kanker serviks termasuk dua jenis kanker yang dapat ditandai dengan perdarahan hebat ketika menstruasi, serta keluarnya darah selain pada masa haid atau setelah berhubungan seksual.  

2. Keguguran

Kehamilan terkadang bisa saja tidak disadari. Demikian pula dengan keguguran pada usia awal kehamilan. Ketika keguguran terjadi pada masa-masa awal kehamilan, kram dan perdarahan yang parah akan terjadi, diiringi dengan keluarnya jaringan berwarna merah yang mungkin terlihat seperti gumpalan darah.  

3. Ketidakseimbangan Hormon

Kondisi ini biasanya akan dialami pada tahun-tahun pertama haid atau saat pubertas dan mendekati menopause. Terkadang, siklus haid bisa memanjang atau memendek. Darah haid yang keluar pun bisa sedikit atau banyak. 

Penyebab dari ketidakseimbangan hormon juga umumnya disebabkan karena psikologis. Stres kronis atau bahkan kegelisahan jangka pendek misalnya. Kemudian pada kondisi ini, siklus dan volume menstruasi menjadi tak terkontrol dengan baik.  

4. Polip rahim dan miom

Polip rahim dan mioma (fibroid rahim) bisa tumbuh pada dinding rahim. Bila ini terjadi, pertumbuhan abnormal tersebut bisa saja menghalangi kontraksi dan kelancaran darah haid untuk keluar. Sebagai akibatnya, darah dapat mengendap dan membentuk gumpalan sebelum keluar dari vagina.  

5. Penyakit von willebrand

Penyakit Von Willebrand dapat menyebabkan darah haid menjadi sangat banyak dan meningkatkan risiko darah haid menggumpal. Menurut studi, penyakit Von Willebrand ini sangat langka, hanya sekitar 5-24 persen wanita yang mengalami perdarahan haid berat kronis yang biasanya menderitanya.  

Baca Juga: 5 Manfaat Nasi Merah yang Sudah Terbukti Secara Klinis

Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya darah menggumpal saat menstruasi. Jangan takut dan malu untuk berkonsultasi pada dokter jika Anda mengalami permasalahan kesehatan reproduksi. 

Cek kesehatan reproduksi secara rutin juga akan membantu mengetahui lebih dini dan mencegah jika ada penyakit dan bisa mendapatkan penanganan yang tepat. 

Selanjutnya: Jaga Kesehatan Organ Intim Wanita Dengan Makanan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru