ads

Berikut Cara UMKM Meningkatkan Penjualan Ramadan

Reporter: Jane Aprilyani
Kamis, 07 April 2022 | 22:21 WIB
Berikut Cara UMKM Meningkatkan Penjualan Ramadan

ILUSTRASI. Salah satu e-commerce enabler di Indonesia, SIRCLO


MOMSMONEY.ID - Bulan Ramadan tidak dipungkiri lagi mampu membawa banyak berkah, terutama untuk para pebisnis lokal. Beragam tradisi dan hajatan yang dilakukan masyarakat di momen menjelang Idul Fitri ini otomatis terefleksi pada meningkatnya daya beli konsumen. 

Mengutip data Populix di laporan riset Embracing Ramadhan 2022, bulan Ramadan menjadikan masyarakat memiliki beberapa kebiasaan belanja yang berbeda seperti mempersiapkan stok makanan dan minuman, berbelanja pakaian, maupun berbagai perlengkapan ibadah. Tentu saja, pemilik bisnis pun tidak akan ketinggalan memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualan mereka. 

Transaksi belanja online yang berlangsung di SIRCLO di bulan Ramadan juga menunjukkan tren yang serupa. Berdasarkan data internal SIRCLO, jumlah transaksi di SIRCLO Store meningkat sebanyak hampir 80% di bulan Ramadan tahun 2021 lalu, dimana merchant-merchant terpopuler didominasi merchant yang menjual produk fesyen.

Baca Juga: Wajib Tonton Semua! Ini Rekomendasi Film Terbaik Pemenang Piala Oscar

Tak heran, banyak pemilik bisnis yang menyusun strategi penjualan khusus selama bulan Ramadan. Nawasana dan Les Celle misalnya, adalah jenama lokal pengguna solusi SIRCLO Store yang sudah mengantisipasi adanya peningkatan pesanan di bulan Ramadan. Mereka pun mengungkapkan beberapa trik dan persiapan mereka dalam berjualan online di bulan suci ini.

Mengawali bisnisnya di tahun 2016, Nawasana, sebuah produsen produk fesyen muslim merupakan salah satu jenama lokal yang tentunya turut kebanjiran pesanan di kala bulan Ramadan. Persiapan lebih awal merupakan salah satu kunci.

“Kita biasanya sudah mulai menyiapkan stok dari tiga bulan sebelum Ramadan untuk berjaga-jaga kalau peminatnya tinggi, kita jadi ada waktu untuk restock. Strategi pengaturan kapasitas produksi penting sekali di bulan Ramadan ini.” tukas Diasty Hardhikaputri selaku owner Nawasana.

Baca Juga: Promo Tiket Kereta Api di Tokopedia, Dapatkan 4x Cashback Hingga Rp75.000

Diasty juga menambahkan pentingnya pebisnis lokal untuk menggunakan platform pengelolaan stok yang bisa mengintegrasikan ketersediaan inventori di berbagai marketplace dan mampu memanfaatkan penggunaan Chat Commerce di mana seluruh kegiatan transaksi bisa dilakukan dan diselesaikan melalui percakapan lewat kanal chat.

“UMKM seperti kami biasanya adminnya tidak banyak, sehingga fitur otomatisasi yang terhubung dengan berbagai channel penjualan ini membantu sekali, apalagi di saat peak season.” Diasty mengaku semenjak menggunakan SIRCLO Store, Nawasana mengalami peningkatan transaksi hingga dua kali lipat.

Hal ini senada dengan kisah Les Celle, jenama penyedia produk dan layanan pengemasan hampers atau bingkisan.

Les Celle merupakan salah satu merchant SIRCLO Store yang secara penuh melakukan aktivitas penjualan secara daring via Webstore dan Chat Commerce.

Baca Juga: Promo Tiket Pesawat Citilink di Tokopedia, Dapatkan Diskon Hingga Rp 350.000

Kedua kanal ini merupakan kanal yang paling sesuai untuk Les Celle yang produknya  customized dan personalized. Karisma Indrajayanti, Founder Les Celle menjelaskan melalui webstore, pengguna bebas menuliskan ucapan di kolom notes yang karakternya tidak dibatasi. Hal yang sama terjadi jika pemesanan dilakukan via Chat Commerce di mana konsumen bisa lebih leluasa untuk melakukan tanya jawab terkait produk maupun menjelaskan secara detail seperti apa model hampers yang diinginkan.

Menurut Karisma, Ramadan dan Idul Fitri merupakan salah satu musim dimana jumlah pesanan sangat tinggi. Mengantisipasi hal ini, media sosial pun menjadi andalan Karisma untuk menyampaikan berbagai informasi produk dan aktivitas pemasaran.

“Mulai dari melakukan riset pasar, meng-update informasi produk terbaru, hingga mengarahkan audiens ke webstore semuanya dilakukan melalui media sosial. Kami juga pastikan semua aktivitas ini punya tema khusus Ramadan yang saling terintegrasi,” tukas Karisma.

Baca Juga: Ketahui Seperti Apa Agresif pada Anjing dan Penyebabnya Menjadi Agresif

Melihat tantangan ini, SIRCLO Store, sebuah dasbor toko online untuk UMKM berjualan di berbagai platform, termasuk website, marketplace, dan chat commerce membuat beragam solusi dan inovasi untuk mendukung para merchant-nya di bulan Ramadan ini.

Melalui kampanye #RamadanBisa, SIRCLO Store mencoba mendampingi para merchant dengan program-program yang mendukung mereka untuk meningkatkan penjualan di bulan penuh berkah ini.

Ferry Tenka, CEO Entrepreneur Solutions SIRCLO menyebut bahwa tren yang terlihat di data SIRCLO, setiap kali bulan Ramadan dan Idul Fitri tiba, transaksi belanja online selalu menunjukkan peningkatan pesat, sehingga, penting bagi para pemilik bisnis memanfaatkan momentum ini untuk memaksimalkan keuntungan.

Baca Juga: Resep Es Pisang Hijau Khas Makassar, Takjil Manis yang Menyegarkan Dahaga

Oleh karena itu, di Ramadan tahun ini, SIRCLO Store ingin mendorong pengguna kami yang mayoritas merupakan pebisnis UMKM dengan menciptakan beragam inisiatif yang kami harap dapat membuat mereka bisa berjualan online dengan mudah dan praktis di berbagai kanal.

"Keuntungan dan kemudahan yang kami tawarkan ini tidak hanya dapat dinikmati untuk para merchant saja, ada juga berbagai macam insentif yang bisa digunakan oleh para konsumennya. Kami harap, dampak kebaikan di bulan suci ini dapat membantu semakin banyak UMKM menuai berkah di bulan suci ini,” tutur Ferry Tenka, CEO Entrepreneur Solutions SIRCLO.

Baca Juga: Katalog Promo Guardian +1000 Get 2 Pcs Periode 7-13 April 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani

Terbaru
TERPOPULER