HOME, Santai

Berikut Cara Klaim Jaminan Saldo Kembali dari Gopay

Berikut Cara Klaim Jaminan Saldo Kembali dari Gopay

MOMSMONEY.ID – Bagi moms pengguna uang elektronik Gopay tak perlu khawatir soal perlindungan data. Soalnya, Gopay telah bekerjasama dengan Badan Perlindungan  Konsumen Nasional (BPKN) untuk mengedukasi masyarakat mengenai hak perlindungan konsumen dan bagaimana mengklaim hak tersebut.

Lewat kolaborasi ini, pengguna akan mendapatkan pemahaman akan hak-hak perlindungan konsumen berdasarkan peraturan perundang-undangan, termasuk hak penyelesaian permasalahan berdasarkan proses yang sesuai.

Salah satunya, Gopay memberikan perlindungan kepada pengguna Gopay melalui fitur Jaminan Saldo Kembali yang dapat diklaim konsumen jika terjadi kehilangan saldo Gopay akibat hal yang terjadi di luar kendali konsumen.

Misalnya, kehilangan saldo akibat pengambilalihan akun secara paksa, serta jika kehilangan ponsel bersama saldo Gopay didalamnya.

Lalu bagaimana cara mengklaim saldo Gopay yang hilang? Simak di bawah ini ya moms :

Baca Juga: Anda Bisa Langsung Mengadu Jika Ada Masalah PeduliLindungi, Lewat Chatbot WA

1. Pada halaman utama aplikasi Gojek, klik Eksplor atau Explore.

2. Klik menu Plus.

3. Pilih menu Jaminan Saldo Kembali atau Money Back Guarantee.

4. Klik tombol Ajukan Klaim atau Claim Refund.

5. Isi formulir dengan lengkap untuk mempercepat proses investigasi.

6. Cek perkembangan proses klaim melalui My Tickets di halaman utama aplikasi Gojek.

Baca Juga: Jika Nama Anda yang Tercantum di KK Ternyata Salah, Lakukan Ini untuk Memperbaikinya

Nah, perlu diketaui ya moms, klaim juga tidak berlaku jika:

  1. Dokumentasi tidak lengkap atau bukti yang dilampirkan tidak memenuhi persyaratan.
  2. Kehilangan saldo disebabkan karena kelalaian konsumen atas keamanan akun Gojek/GoPay atau kasus penipuan (termasuk namun tidak terbatas pada penyalahgunaan akun yang disebabkan pemberian kode OTP kepada pihak ketiga manapun dan/atau melakukan pembayaran di luar aplikasi Gojek) dan/atau korban phishing.
  3. Pengguna yang terindikasi dengan aktivitas mencurigakan termasuk fraudulent behaviour/abusive behaviour/scam/order fiktif.

Tentu saja, tidak semua pengguna Gopay bisa klaim saldo kembali. Ada dua pengguna yang yang terlindungi dalam jaminan saldo GoPay kembali, diantaranya :

  • Pengguna GoPay yang sudah lulus verifikasi atau upgrade akun ke GoPay Plus sebelum kasus yang dijamin terjadi.
  • Pengguna GoPay yang sudah mengaktifkan kode PIN untuk otentikasi transaksi GoPay sebelum kasus yang dijamin terjadi.

Jadi selalu lindungi data moms ya, dengan tidak memberikan nomor OTP kepada orang lain dengan skema penawaran apapun!

Selanjutnya: 6 Tips aman belanja online agar terhindar dari olshop abal-abal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News