HOME, Keluarga

Berikut Beberapa Bahan Alami yang Bisa Menjadi Obat Batuk Kering

Berikut Beberapa Bahan Alami yang Bisa Menjadi Obat Batuk Kering

MOMSMONEY.ID -  Batuk adalah penyakit yang lazim diderita anggota keluarga, baik muda maupun yang sudah senior. Ada beragam jenis batuk, tapi yang paling banyak dikenal awam adalah batuk kering dan batuk berdahak. Nah, saat Anda atau anggota keluarga lain mengalami batuk kering, sebenarnya bisa memanfaatkan bahan alami sebagai obat.

Tentu saja, Anda perlu melakukannya secara rutin agar hasilnya maksimal.

Sebenarnya, ada banyak obat apotek yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengobati batuk. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa jenis bahan alami.

Tidak hanya menyembuhkan batuk, kandungan dalam bahan alami juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Meski demikian, jika batuk tak kunjung sembuh dalam jangka waktu lama, usahakan segera memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi batuk kering yang Anda alami bukan karena hal sepele, tapi masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Madu

Healthline menyebutkan, madu bisa Anda manfaatkan sebagai cara menyembuhkan batuk. Alasannya, madu memiliki antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan. Madu juga efektif mengobati sakit tenggorokan.

Baca Juga: Khawatir Ancaman Ransomware? Ini Beberapa Cara Melindungi Perangkat Anda

Nanas

Buah nanas bisa jadi obat batuk kering karena mengandung banyak bromelain.

Buah nanas cocok dijadikan obat batuk kering karena mengandung bromelain. Bromelain adalah salah satu jenis enzim yang berperan sebagai antiinflamasi sehingga peradangan pun dapat teratasi dengan baik.

Anda bisa mengonsumsi buah nanas secara langsung atau mengolahnya dulu menjadi jus. Tapi, pastikan untuk tidak menambah pemanis buatan, ya.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen bromelain yang tentunya perlu Anda sesuaikan dengan dosis yang disarankan dokter.

Teh herbal

Mengonsumsi teh herbal juga bisa Anda pakai sebagai obat batuk kering. Kandungan dalam teh herbal mampu melembabkan tenggorokan yang mana efektif meredakan batuk.

Tak hanya itu, minum teh herbal pun dapat mengurangi rasa gatal di tenggorokan dan menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Exfoliating Toner dan Hydrating Toner, Sudah Tahu?

Larutan garam

Pakai larutan garam sebagai obat batuk kering.

Bukan lagi jadi rahasia bila larutan garam bisa meredakan inflamasi sehingga mampu mengobati batuk.

Caranya, campur ½ sdt garam dalam 8 ons air. Aduk rata kemudian gunakan larutan itu untuk berkumur selama 30 detik. Anda bisa mengulanginya beberapa kali sampai batuk berkurang.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan batuk. Jangan lupa untuk segera berkonsultasi ke dokter. Apalagi jika batuk yang Anda alami semakin parah.

Baca Juga: Resep Simpel Ikan Bandeng Kuah Kemangi, Kenikmatan Bandeng dengan Kuah Menyegarkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News