Berikut Bahan-Bahan Alami yang Berkhasiat Menghilangkan Bau Mulut

Penulis: Belladina Biananda
Rabu, 08 Desember 2021 | 05:50 WIB
Berikut Bahan-Bahan Alami yang Berkhasiat Menghilangkan Bau Mulut

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Memiliki bau mulut yang tidak sedap memang biasa terjadi. Apalagi jika Anda baru saja mengonsumsi makanan atau minuman dengan aroma yang khas. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya, ya. Cara menghilangkan bau mulut tetap perlu segera Anda lakukan.

Mengutip dari Galvez Dental (galvezdentalstockton.com), salah satu penyebab bau mulut adalah gingivitis. Gingivitis adalah kondisi di mana jaringan di sekitar gigi mengalami inflamasi. Akibatnya, gusi menjadi lebih mudah bengkak dan berdarah sehingga bau mulut pun menjadi tak sedap.

Anda perlu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi dua kali dalam sehari. Jangan lupa untuk menggunakan benang gigi dan obat kumur supaya bau mulut tetap segar. Jika belum cukup, beberapa bahan alami ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut.

Cengkih

Cengkih termasuk dalam daftar cara menghilangkan bau mulut yang tidak boleh Anda lewatkan. Antibakteri alami yang terkandung dalam cengkih efektif melawan bakteri penyebab bau mulut. Cobalah untuk mengunyah beberapa cengkih secara rutin supaya masalah itu bisa teratasi dengan baik.

Baca Juga: Kenali Penyebab Munculnya Komedo di Wajah, Sudah Tahu?

Lemon

Lemon bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut, lo. Zat asam yang terkandung dalam jenis buah itu efektif meningkatkan produksi air liur sehingga bau mulut tak sedap bisa berkurang. Cobalah berkumur dengan air yang sudah dicampur dengan air lemon. Anda juga bisa mengganti lemon dengan jeruk.

Baking Soda

Cara menghilangkan bau mulut adalah memakai baking soda.

pH dalam baking soda mampu menetralkan keasaman dalam mulut yang berpotensi menyebabkan bau mulut. Anda hanya perlu mencampur 1 sdt baking soda dalam segelas air terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan air baking soda itu untuk berkumur.

Cuka Apel

Galvez Dental merekomendasikan cuka apel sebagai cara mengatasi bau mulut. Kandungan dalam cuka apel mampu menyeimbangkan pH dalam mulut sehingga bau mulut tak sedap dapat berkurang. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, campur beberapa sendok cuka apel dalam segelas air. Minum air cuka apel itu di pagi hari saat perut masih kosong. Selain menghilangkan bau mulut yang tidak sedap, mengonsumsi cuka apel juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Baca Juga: Inilah 3 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Es Batu

Yogurt

Tahukah Anda bahwa yogurt dapat digunakan sebagai penghilang bau mulut? Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% partisipan mengalami penurunan bau mulut tak sedap setelah rutin mengonsumsi yogurt selama enam minggu.

Kayu Manis

Kayu manis bermanfaat sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Tahukah Anda bahwa kayu manis bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut secara alami? Caranya, rebus satu sendok kayu manis, sehelai daun salam, dan beberapa kapulaga selama beberapa menit. Diamkan sebentar lalu saring. Gunakan air rebusan itu sebagai obat kumur.

Selanjutnya: 2 Kripto ini diprediksi bakal terbang tinggi untuk jangka panjang

Editor: Belladina Biananda
Terbaru