HOME, Santai

Berhubungan Intim Saat Haid Apakah Boleh? Kenali Resiko dan Manfaatnya Berikut Ini

Berhubungan Intim Saat Haid Apakah Boleh? Kenali Resiko dan Manfaatnya Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Berhubungan intim dengan pasangan merupakan aktivitas intim yang bisa dilakukan untuk memuaskan hasrat seksual dengan pasangan.

Namun siklus menstruasi atau haid dapat menjadi penghalang aktivitas seksual yang dilakukan dengan pasangan. Laman Medical News Today menjelaskan bahwa sebenarnya berhubungan intim saat sedang haid tidak dilarang dan memiliki beberapa manfaat.

Hal yang perlu diperhatikan adalah resiko efek samping juga masih bisa didapatkan ketika berhubungan intim saat sedang haid. Sehingga laman Medical News Today juga menyarankan agar aktivitas seks saat sedang haid dilakukan menjelang akhir siklus haid dan menggunakan kondom sebagai pelindungnya. Tentunya agar resiko terkena infeksi penyakit menular dan kehamilan bisa dihindari.

Walaupun perlu menjadi pertimbangan yang besar, namun berikut ini ada beberapa sederet manfaat melakukan hubungan intim dengan pasangan di masa akhir siklus haid.

Baca Juga: Perhatikan Ini 3 Efek Samping Berhubungan Intim dengan Pasangan Saat Haid!

Meredakan nyeri haid

Nyeri yang kerap muncul saat dalam masa menstruasi ternyata dapat diredakan dengan melakukan hubungan seks dengan pasangan. Selain disebabkan karena menghasilkan hormon endorphin, melansir dari laman Health Line, orgasme yang dirasakan perempuan dapat membuat nyeri haid menjadi berkurang.

Orgasme yang dirasakan saat melakukan hubungan seks dengan pasangan dapat membantu membuat uterus yang berkontraksi menjadi lebih rileks, hasilnya nyeri saat haid dapat berkurang.

Meningkatkan hasrat seksual

Sex drive atau gairah seksual juga dapat ditingkatkan dengan melakukan hubungan intim dengan pasangan saat sedang dalam masa haid.

Libido pada perempuan biasanya akan meningkat sebelum memasuki siklus menstruasi atau pada masa ovulasi. Namun karena perbedaan siklus menstruasi, ada juga perempuan yang merasakan gairah seksual meningkat ketika sedang dalam masa menstruasi.

Baca Juga: Kenali Clinomania, Gangguan Ketagihan Tidur Berlebihan

Memperpendek siklus haid

Melakukan hubungan intim dengan pasangan saat sedang haid bisa membuat siklus haid menjadi lebih pendek.

Laman Very Well Health menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan karena kontraksi otot yang terjadi saat mengalami orgasme bisa membantu membersihkan uterus. Akhirnya uterus akan menjadi bersuih lebih cepat dan siklus haid pun bisa terjadi lebih pendek.

Meredakan sakit kepala

Sakit kepala merupakan gejala yang banyak dirasakan saat perempuan sedang dalam masa menstruasi atau haid.

Hubungan seksual terbukti dapat membantu meredakan sakit kepala yang disebabkan karena dilepaskannya hormon endorphin. Hormon penghilang nyeri dan stress itu tadi yang kemudian memiliki peran untuk meredakan sakit kepala saat sedang haid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News