Keluarga

Berguna untuk Pemula, Ini 5 Cara Perbaiki Cita Rasa Makanan yang Terlalu Manis

Berguna untuk Pemula, Ini 5 Cara Perbaiki Cita Rasa Makanan yang Terlalu Manis

MOMSMONEY.ID - Setelah selesai memasak, Anda baru menyadari bahwa makanan yang Anda masak terlalu manis? Makanan yang terlalu manis memang sangat mengganggu indera perasa karena sulit dinikmati.

Untuk dapat mengatasi makanan yang terlalu manis, MomsMoney telah hadirkan beberapa cara & tips perbaiki cita rasa makanan yang terlalu manis. Melansir dari laman Times of India, Spiceography, dan The Spruce Eats, berikut selengkapnya.

Baca Juga: Resep Bistik Ayam Krispi Ala Moen-Moen, Nikmat Disajikan di Atas Hot Plate

Tambah produk susu

Cheese Tteokbokki

Aneka produk susu dapat membantu mengurangi rasa makanan yang terlalu manis. Anda bisa mencoba menambahkan keju, susu, yogurt, hingga krim kocok tanpa pemanis untuk seimbangkan rasa makanan yang terlalu manis.

Penambahan produk susu pada makanan yang terlalu manis akan efektif digunakan dalam aneka jenis dessert.

Baca Juga: Waspadai Gempa di Cianjur & Jember, Ini 8 Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi

Seimbangkan rasa

Jika masakan buatanmu terlalu manis, perbaiki cita rasa makanan yang terlalu manis itu dengan menyeimbangkan rasanya. Anda bisa menambahkan garam, bubuk cabai, ataupun perasan jeruk lemon untuk bisa membuat rasa manis jadi berkurang.

Menambahkan aneka rempah juga cocok untuk mengurangi rasa makanan yang terlalu manis.

Semakin banyak gula yang ditambahkan ke dalam makanan, maka semakin banyak tambahan rasio untuk bahan-bahan ini agar rasa manis jadi seimbang.

Misalnya, jika Anda menambahkan 2 sendok makan gula dan dirasa terlalu manis, maka Anda bisa menambahkan 2 sendok makan bahan lainnya, baik garam, bubuk cabai, perasan jeruk lemon, ataupun rempah-rempah.

Baca Juga: 6 Fakta Konsep Unik Restoran Karen’s Diner yang Punya Pelayanan Jutek

Encerkan

Makanan yang teralu manis

Untuk dapat perbaiki rasa makanan yang terlalu manis, Anda bisa mengencerkan makanan dengan menambahkan air dan meningkatkan rasio bahan lainnya.

Menambahkan air ke dalam makanan yang terlalu manis dapat sedikit mengurangi rasa manis tersebut, namun memang tak bisa benar-benar menyeimbangkan rasanya.

Baca Juga: Jadi Liburan Impian, Ini Daftar 30 Destinasi Wisata Terbaik 2023 Versi Lonely Planet

Tambahkan rasa pahit

Pahit bisa memotong rasa manis! Jika Anda ingin menyeimbangkan rasa makanan yang terlalu manis, rasa pahit bisa jadi opsi terbaik yang bisa digunakan.

Menambahkan sedikit rasa pahit sebenarnya dapat meningkatkan rasa dan menyeimbangkan makanan yang terlalu manis. Anda bisa menambahkan kale, arugula, ataupun kokoa yang punya rasa pahit.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Makanan Korea yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan

Tambahkan rasa asam

Rasa asam selalu efektif dalam memperbaiki cita rasa makanan yang terlalu manis. Anda bisa menambahkan aneka rasa asam seperti cuka, mustard, hingga perasan jeruk lemon.

Namun biasanya, penambahan rasa asam akan efektif untuk hidangan bertekstur kental seperti saus spaghetti, salsa, ataupun saus cabai.

Itu dia 5 aneka cara perbaiki cita rasa makanan yang terlalu manis. Kini Anda tak perlu bingung lagi saat masakan yang Anda buat terlalu manis, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News